August 1, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Go Internasional, Pangandaran Gandeng Pekerja Migran

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

PANGANDARAN – Upaya pemerintah Kabupaten Pangandaran untuk mempromosikan pariwisata daerahnya di kancah internasional terus gencar dilakukan. Terpaan pandemi yang sempat membuat geliat pariwisata redup, kini mulai ditata kembali dengan mempersiapkan berbagai strategi.

Menukil iNews Jabar, Promosi wisata ke turis mancanegara akan melibatkan pekerja migran asal Pangandaran yang tersebar di beberapa negara. Gagasan tersebut disampaikan Bupati Kabupaten Pangandaran Jeje Wiradinata saat ditemui awak media pada Kamis (24/06/2021) di ruang kerjanya.

“Promosi destinasi wisata Pangandaran harus luas. Maka perlu melibatkan berbagai kalangan agar pesan Pangandaran layak untuk dikunjungi tersampaikan,” kata Jeje.

Jeje mengemukakan, selain agenda promosi formal yang telah direncanakan oleh Pemkab Pangandaran melalui organisasi perangkat daerah (OPD), promosi agar publik mengenal wisata Pangandaran juga harus terus dilakukan.

“Sekarang zaman semakin canggih. Teknologi bisa kita manfaatkan untuk mengemas promosi, baik dari sisi budaya maupun potensi alam,” ujar Bupati Pangandaran.

Salah satu contoh promosi melalui video durasi singkat yang memaparkan kondisi geografis di Kabupaten Pangandaran bisa dilakukan. “Keterlibatan migran asal Pangandaran di luar negeri bisa dimanfaatkan melalui sarana media sosial dengan konten menarik,” tutur Jeje.

Jeje menyatakan, pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, visi dan misi Kabupaten Pangandaran juara menuju wisata berkelas dunia yang berpijak pada nilai karakter bangsa dengan mudah, akan terwujud jika seluruh masyarakat terlibat didalamnya.

“Mereka, migran asal Pangandaran juga berpotensi menjadi agen informasi di luar negeri agar menyampaikan pesan Pangandaran saat ini sudah berkembang,” ucap Bupati. []

 

Advertisement
Advertisement