December 4, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Hampir 40 Tahun Mati, Jalur Kereta Api Slahung – Ponorogo – Madiun akan Direaktivasi

1 min read
Prime Banner

MADIUN – Untuk mendorong pengembangan objek wisata di Kabupaten Ponorogo, Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur mendukung reaktivasi jalur kereta jurusan Madiun-Slahung, Ponorogo yang sudah lama tak difungsikan.

“Apabila objek wisata buatan di Kota Madiun jadi dan didukung rel kereta api serta SDA di sekitar Madiun Raya ini berarti akan semakin menarik minat banyak orang untuk berkunjung,” ujar Wali Kota Madiun Maidi dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Reaktivasi jalur Madiun-Slahung, Ponorogo dan seminar hasil penelitian dosen Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) di Madiun, Kamis, 19 November 2020.

Menurut ia, dengan dibukanya kembali jalur tersebut connecting atau kesinambungan jarak antara delapan kabupaten di wilayah eks-Keresidenan Madiun akan berjalan, sehingga tampilan Jawa Timur bagian barat akan semakin bagus, dilansir dari Antara.

“Prinsipnya, Pemkot Madiun 100 persen mendukung dengan adanya pembahasan ini. Nantinya, orang naik kereta pasti ke Kota Madiun dulu menuju Ponorogo. Ini akan menyempurnakan pembangunan kota,” kata dia.

Direktur Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Amirullah mengatakan kegiatan FGD Reaktivasi jalur Madiun-Slahung, Ponorogo merupakan salah satu wujud sumbangsih instansinya dalam dunia pendidikan.

“Penelitian ini tidak hanya dari sisi teknis namun juga sosial. Jadi bagaimana respon masyarakat kalau rencana ini terwujud juga diteliti. Kami berharap hasil ini bisa menjadi naskah akademik jika reaktivasi jalur tersebut terwujud,” kata Amirullah. []

Advertisement

Leave a Reply