December 8, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Hanya Dalam Sepekan, Puluhan Bencana Alam Terjadi di Indonesia, Ada yang Memakan Korban Jiwa

1 min read

JAKARTA – Plt. Kepala Pusat Data, Iformasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, delapan orang meninggal dunia akibat bencana hidrometeorologi basah yang terjadi selama periode 24-30 Oktober 2022.

“Tercatat 67 bencana terjadi di Indonesia selama pekan tersebut. Banjir, cuaca ekstrem, tanah longsor, dan gelombang pasang, serta abrasi masih mendominasi dengan jumlah korban terdampak paling tinggi,” katanya dalam Disaster Briefing Briefing:  Banjir Kabupaten Lampung Selatan secara virtual, Senin (31/10/2022).

Abdul menjelaskan, cuaca ekstrem juga menyebabkan banyaknya kerusakan pada infrastruktur di Jawa, Sulawesi Selatan, dan Sumatera bagian barat dan selatan

“Sebaran kejadian bencana terdapat di 18 provinsi dan 44 kabupaten/kota. Selain korban meninggal dunia, bencana hidrometeorologi basah juga menyebabkan 13.093 rumah terdampak dengan total pengungsi 62.000 jiwa,” kata dia.

Dia menambahkan, kejadian bencana yang masih belum surut, rata-rata banjir semuanya sudah surut, kecuali di Kabupaten Tanggamus dan Lampung Selatan.

Sementara, bencana banjir di Kabupaten Lampung Selatan berdampak cukup signifikan, mengakibatkan empat korban, dua korbannya adalah anak-anak yang terseret arus saat bermain di tempat terbuka.[]

Advertisement
Advertisement