Hobi Makan Tempe ? Ini Khasiatnya untuk Kesehatan

Prime Banner

Anda hobi makan tempe? Berbahagialah! Pasalnya, makanan berbahan dasar kedelai ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Ya, tempe memang dikenal sebagai santapan sehat dan aman untuk tubuh. Makanan khas Indonesia ini bisa disulap menjadi aneka menu lezat, mulai dari lauk-pauk sampai camilan mengisi waktu santai. Lalu apa saja manfaat tempe?

 

Baik untuk pencernaan

Tempe mengandung probiotik, bakteri yang bermanfaat bagi tubuh dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Studi 2013 mengungkapkan, tempek cukup efektif merangsang pertumbuhan bakteri menguntungkan (bifidobacterium).

Menurunkan kolesterol

Isoflavones, zat yang terkandung dalam kedelai sebagai bahan dasar tempe disebut-sebut mampu menurunkan kolesterol. Hal itu bahkan terbukti lewat sebuah studi tentang pengaruh kedelai pada level kolesterol. Hasilnya, tempe ampuh melindungi hati dan menurunkan kadar kolesterol.

Menyehatkan tulang

Tempe juga mengandung kalsium, yang terkenal bagus untuk kesehatan tulang. Studi menunjukkan, kalsium pada tempe sama besarnya seperti yang terkandung dalam susu.

Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang dalam program diet, tempe bisa menjadi santapan terbaik. Pasalnya, tempe kaya akan protein yang dapat membantu Anda mengendalikan rasa lapar. Sebuah penelitian pada 2014 yang dilakukan pada pria obesitas yang mengonsumsi makanan tinggi protein berbahan kedelai menunjukkan, hasil diet tersebut mampu membantu menurunkan berat badan. [Ning Rilis]

You may also like...