Hong Kong, Negara Dengan Harga BBM Termahal Di Dunia

Prime Banner

Bahan bakar minyak (BBM) menjadi salah satu penopang aktivitas yang krusial di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Apakah Kawan Sumber sebagai pemilik kendaraan merasa kalau harga BBM di Indonesia itu mahal? Faktanya berdasarkan data Global Petrol Prices, Indonesia per awal Agustus 2018 menempati urutan ke-140 dari 165 negara dengan harga BBM termahal di dunia.

Harga BBM termurah saat ini dipegang di negara Venezuela, dengan harga per liter bensin $0,01 dalam dolar Amerika Serikat. Indonesia sendiri dipatok pada harga $0,69 per liter.

Umumnya harga rata-rata BBM di seluruh dunia adalah $1,17 per liter. Namun ada perbedaan yang substansial dalam harga-harga BBM di berbagai negara. Biasanya negara-negara yang lebih kaya memiliki harga BBM yang jauh lebih tinggi, sedangkan negara yang lebih miskin dan negara produsen sekaligus pengekspor minyak memiliki harga BBM yang nilainya secara signifikan lebih rendah.

Dalam hal ini, BBM cenderung lebih mahal di negara kaya karena barang dan layanan sering kali dipatok dengan harga premium.

Sebenarnya, semua negara pada dasarnya memiliki akses harga petroleum yang sama di pasar internasional. Namun perbedaan dalam harga BBM juga disebabkan oleh berbagai kebijakan, pemberlakuan pajak dan subsidi BBM yang ditetapkan oleh masing-masing pemerintah.

Berikut ini adalah 10 negara dengan harga BBM yang paling selangit di dunia (per Agustus 2018), berdasarkan data Global Petrol Prices.

 

  1. Portugal

Harga BBM di Portugal naik di angka $1,84 per liter. Menurut MSN, angka ini disebut-sebut menjadi nilai yang tertinggi sejak April 2015.

 

  1. Italia

Dengan harga BBM $1,89/liter Italia berada di deretan peringkat top 10 negara dengan harga BBM termahal. Namun peningkatan harga BBM di sini cenderung lambat.

 

  1. Denmark

Seperti negara Skandinavia lainnya, Denmark merupakan salah satu negara yang paling mahal untuk memiliki mobil. Harga BBM di sini meningkat pesat dalam beberapa bulan belakangan, di angka $1,91/liter – naik 7,2% dari harga di bulan Februari.

 

  1. Monako

Segala sesuatunya di negara kaya Monako memang terbilang mahal, termasuk BBM yang dihargai $1,91 per liter.

 

  1. Yunani

Para pemilik kendaraan di Yunani harus mengeluarkan kocek sebesar $1,92 per liter untuk mengisi bahan bakar. Pemerintah Yunani memberlakukan pajak pada BBM guna menaikkan pendapatan.

 

  1. Belanda

Sedikit lebih mahal dari Yunani, harga BBM di Belanda dipatok pada $1,94 per liter. Harganya secara konsisten mengalami peningkatan sejak awal 2018 lalu.

 

  1. Barbados

Barbados di Kepulauan Karibia menduduki peringkat yang sama dengan Belanda dalam peringkat negara dengan BBM termahal – yakni $1,94 per liter. Kenaikan ini cukup pesat, setelah sebelumnya dihargai $1,70 pada bulan Mei 2018 lalu.

 

  1. Norwegia

Norwegia adalah negara produsen minyak mentah sekaligus pemain kecil dalam pasar minyak dunia. Namun alih-alih melakukan subsidi, Norwegia memilih untuk memberlakukan pajak pada BBM. Harga BBM di Norwegia sangatlah mahal, yakni $2,05/liter.

 

  1. Islandia

Sebelumnya pada Mei 2018 Islandia menduduki posisi nomor satu sebagai negara dengan harga BBM termahal di dunia. Kendati posisinya merosot sedikit, harga BBM di sini tetap mahal, yaitu $2,11 per liter. Wajar saja jika penjualan kendaraan elektrik sedang booming di Islandia.

 

  1. Hong Kong

Harga BBM di Hong Kong yang dipatok pada $2,13 per liter mengalahkan harga BBM di negara-negara Eropa lainnya. Komoditi BBM dikenai pajak besar oleh pemerintah, guna mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan menggalakkan penggunaan transportasi umum. [Ellis]

You may also like...