September 26, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Indahnya Negeri Diatas Awan, Puncak B29 Lumajang

2 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

LUMAJANG – Salah satu objek wisata alam di Indonesia yang sungguh mengagumkan adalah Puncak B29 Lumajang yang terkenal dengan sebutan “Negeri Di Atas Awan”. Puncak B29 ini berada di lokasi Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Tempat tujuan wisata anda jika ke Jawa Timur kini bertambah, Puncak B29 Lumajang. Lokasi wisata yang satu ini merupakan lereng gunung dengan ketinggian 2900 meter diatas permukaan laut. Puncak B29 dikenal juga dengan Puncak Argosari. Puncak ini merupakan puncak yang paling tinggi di kawasan gunung bromo. Pemandangan yang indah ditambah udara yang dingin serta hamparan vegetasi khas gunung dan savanna menjadi pemandangan yang menarik di lokasi wisata yang satu ini. Rute menuju lokasi wisata ini akan menantang anda. Dengan jalur yang berkelok dan berliku sepanjang perjalanan akan memicu adrenalin.

Keindahan Puncak B29 Lumajang ini dari view yang bisa dilihat saat berada di puncak. Anda akan melihat dua pemandangan yang sangat menakjubkan di lokasi ini. Di lokasi kawasan Puncak B29 ini dibagi menjadi dua kawasan yaitu kawasan perkebunan argosari yang membentuk barisan pegunungan mahameru serta puncak dan kalderanya yang sangat terkenal yaitu pasir bromo. Tak hanya itu sunrise dan sunset juga menjadi suguhan pemandangan alam yang sangat indah untuk disaksikan di lokasi ini. Sekali sapu pandangan, anda akan melihat keindahan Tosari Pasuruan, Sukapura Probolinggo dari puncak bukit.

Kegiatan wisata di Puncak B29 Lumajang tidak hanya menikmati keindahan alam dari puncak tersebut. Anda juga bisa melakukan kegiatan wisata lain seperti camping atau melakukan pendakian hingga ke ranupane hingga ke puncak semeru. Tak hanya itu di dekat lokasi wisata puncak ini juga ada wisata alam seperti air terjun dan camping di lokasi wisata. Buktikan sendiri bagaimana keindahan puncak dan pemandangan alam disana akan memikat anda.

Juga cocok dijadikan tempat camping. Anda bisa mendirikan tenda dan menikmati sensasi dingin dalam pelukan kabut di bukit ini. Ada beberapa warung milik warga setempat di sekitar puncak, namun untuk toilet masih belum ada karena masih dalam tahap pembangunan.

Pemandangan di Puncak B29 ini sungguh sangat cantik. Dari atas kita bisa melihat awan yang menari-nari yang tepat berada di bawah pandangan mata. Gugusan perbukitan yang berjejer rapi seperti gunung semeru, gunung bromo, gunung batok, pasir berbisik, padang savana dan cemoro lawang seolah-olah menegaskan bahwa kita memang sedang berada di Negeri Diatas Awan.

Puncak B29 ada 2 rute dan jalur yang dapat ditempuh.Pertama melalui Lumajang dan yang kedua melalui Desa Ranupani. Namun rute dan jalur menuju Puncak B29 lebih disarankan melalui rute Argosari Lumajang,meskipun dikatakan lebih disarankan bukan berarti jalur ini nyaman dan tidak memacu adrenalin.Melalui rute Lumajang juga kondisi jalan berliku liku serta belum beraspal halus karena banyak bebatuan.

“Jalur Dan Rute Ke Bromo” jalur dan rute menuju Puncak B29 dari Ranupani yang bisa dilalui dengan menggunakan sepeda,motor atau berjalan kaki. Rute ini melalui tebing – tebing kaldera Bromo sampai di Puncak B29 jadi jangan heran jika kanan kiri anda adalah jurang yang sangat curam. []

Advertisement
Advertisement