December 4, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Jangan Curang !! Obat Penurun Panas Bisa Mengelabuhi Thermal Scanner Bandara

1 min read
Prime Banner

HONG KONG – Pelajaran berharga dari pengakuan polos akan apa yang dilakukan seorang perempuan Wuhan yang melakukan perjalanan ke Prancis namun lolos thermall Scanner.

Diberitakan oleh BBC, perempuan tersebut sebelum terbang merasakan badannya tidak enak. Demam, batuk pilek nyaris menggagalkan rencana kepergian dia ke Paris, Prancis.

Tak disangka, beberapa jam sebelum terbang, dia spekulasi, meminum obat penurun panas. Dan hasilnya, last minute saat dia check in, suhu badannya sempurna normal seperti layaknya saat dia dalam kondisi sehat.

Usai pengakuan yang dia tulis di sosial media viral, perempuan tersebut langsung dicari pihak terkait yang menangani virus corona.

Terbongkarnya modus perempuan Wuhan, membuat banyak negara mengingatkan agar setiap warganya tidak meminum obat penurun panas dan anti demam. Termasuk Indonesia salah satunya.

Dikutip dari Riau Online, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan tingkat II Pekanbaru, Syarifuddin Saragih mengakui pihaknya dilema terhadap perilaku masyarakat yang mengkonsumsi obat penurun panas beberapa jam sebelum diperiksa oleh thermal scanner.

Syarifuddin menegaskan, thermal scanner bukan untuk mengecek virus Corona, namun lebih kepada pengecekan suhu tubuh pasien, sebab salah satu gejala terpapar virus Corona adalah suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius.

Syarifuddin mengimbau agar masyarakat tidak lagi menggunakan cara seperti ini karena kalaupun ia bebas dari pemeriksaan, ia tidak akan bisa bebas dari virus ini. []

Advertisement