July 22, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Jelang Signal Topan 8 Dinaikan Menjadi 10, Ratusan Orang Mengungsi, 7 Titik Dilanda Banjir, dan Belasan Pohon Tumbang

2 min read

HONG KONG – Hempasan topan Saola yang berubah menjadi super topan kian dirasakan dampaknya di Hong kong. Sejak signal peringatan topan 8 tadi pagi diberlakukan, sampai dengan sore ini (01/09/2023), tercatat sudah 277 orang mendatangi tempat pengungsian Topan.

Tempat pengungsian tersebut tersebar di hampir seluruh wilayah Hong kong dengan menanfaatkan Gedung Komunitas Distrik.

Para pengungsi disebut berasal dari daerah-daerah yang rawan terhadap dampak topan serta mereka yang tempat tinggalnya tidak aman akan potensi dampak topan.

Tak hanya itu, sampai sore ini, dilaporkan telah terjadi banjir akibat luapan air di 7 titik, yakni kawasan yang dekat dengan pantai dan aliran muara sungai.

Sementara itu, otoritas Rumah Sakit Hong Kong melaporkan sudah merawat dua orang warga yang terluka menjadi korban hempasan Saola.

Pemangku cuaca Hong Kong berikut instansi terkait dengan kedaruratan saat ini tengah serius memantau update perubahan situasi dimana berbagai persiapan kedaruratan terus dimatangkan.

Informasi sebelumnya, sekitar pukul 18:00 sore ini, Hong Kong Observatory berpotensi akan meningkatkan signal peringatan topan dari 8 menjadi 10.

Saat berita ini diturunkan, hempasan Saola kian terasa kuat, lalu lalang warga di jalanan semakin berkurang, beberapa fasilitas layanan transportasi dihentikan.

Tumpukan penumpang terlihat di ruang tunggu penyeberangan ferry dan ruang tunggu Bandara.

Cuaca Hong kong akan buruk selama Saola singgah sampai dengan pergi menjauhi Hong Kong pada Sabtu malam nanti.

Hong Kong Observatory mengeluarkan himbauan, kepada seluruh warga untuk tetap berada di dalam rumah atau di dalam bangunan yang aman.

Mengunci rapat pintu dan jendela, menjauhkan benda benda yang mudah jatuh dari dekat jendela dan menjauhi kawasan pantai.

Pantau terus update cuaca agar tetap bisa mengetahui dinamika situasi terkini. []

Sumber ApakabarOnline

Advertisement
Advertisement