June 19, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Jenazah PMI yang Menjadi Korban Penusukan Sesama PMI di Korsel Akan Segera Dipulangkan

2 min read

HONG KONG – Proses penanganan insiden penusukan yang berakibat pada hilangnya nyawa seorang PMI di Daegu, Korea Selatan pada Minggu (28/04/2024) kemarin terus berjalan.

Informasi yang berhasil dihimpun ApakabarOnline menyebutkan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul mengkonfirmasi hal tersebut.

Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Seoul Teuku Zulkaryadi mengatakan kasus WNI tikam WNI hingga tewas ini terjadi pada Minggu (28/4/2024). Seorang WNI pelaku penikaman berhasil ditangkap dan ditahan di kantor polisi Daegu.

“Kasusnya sedang dtangani Kepolisian Daegu. Satu orang pelaku utama penusukan sudah ditangkap dan saat ini masih ditahan di kantor polisi untuk investigasi lebih lanjut,” kata Teuku  pada Senin (29/04/2024) dinukil dari Era.

Lalu, kata Teuku, polisi Daegu sejauh ini masih melakukan pencarian ke sejumlah kerabat pelaku dan juga korban untuk dimintai keterangan. Teuku menjelaskan korban dan pelaku pernah bekerja di satu perusahaan yang sama di wilayah Daegu.

“Keduanya bekerja di Daegu dan pernah kerja pada satu perusahaan juga,” ujar Teuku.

Sementara itu, untuk jenazah WNI yang menjadi korban penikaman saat ini berada di Rumah Sakit untuk menjalani proses otopsi.

“Polisi dan RS juga akan mengotopsi jenazah terlebih dahulu besok. Setelah itu mungkin hari Rabu, jenazah akan diserahkan kepada keluarga atau yang mewakili (biasanya KBRI) untuk dipersiapkan kepulangannya ke tanah air,” jelasnya.

“Kapan keberangkatan ke tanah air akan tergantung dari proses persiapan dokumen dan juga pembiayaannya,” sambung Teuku.

Lebih lanjut, KBRI Seoul akan menghubungi pihak keluarga korban untuk menyampaikan kabar duka tersebut sekaligus berkoordinasi pemulangan jenazah.

“Kami sedang berusaha menghubungi keluarga untuk menyampaikan berita ini dan koordinasi lebih lanjut guna pemulangan jenazah,” pungkas Teuku. []

 

Advertisement
Advertisement