February 3, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Jika Indonesia Ingin Masuk Kategori Negara Maju, Syarat Syarat Berikut Ini Harus Terpenuhi

2 min read
Eko Listiyanto Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) (Foto Istimewa)

Eko Listiyanto Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) (Foto Istimewa)

JAKARTA – Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto menyatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia harus mencapai 5,7% setiap tahun hingga tahun 2036 sebagai syarat utama menuju negara maju.

Pemerintah sendiri menargetkan untuk mencapai visi Indonesia Emas di tahun 2045, Indonesia sudah keluar dari jebakan perangkap kelas menengah atau middle income country dan menjadi negara berpendapatan tinggi atau high income country.

“Untuk jadi negara maju maka pertumbuhan ekonomi nasional minimum 5,7%. Jika pertumbuhan ekonomi masih di angka 5,1% jadi agak lambat (untuk keluar dari jebakan perangkap kelas menengah). Pertumbuhan ekonomi 5,7% harus stabil sampai tahun 2036 agar indonesia jadi negara maju,” ucap Eko Listiyanto dalam acara diskusi di ITS Tower Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Menurut Eko, pemerintah masih memiliki banyak tugas agar Indonesia bisa naik kelas menjadi negara berpendapatan tinggi. Baik dari sisi kesiapan industri, sumber daya manusia (SDM), hingga infrastruktur.

Untuk memperkuat SDM diperlukan kualitas dari sisi pendidikan yang memadai. Bila pemerintah tidak meningkatkan kapasitas yang ada maka Indonesia akan kesulitan menjadi negara maju.

“Sebab tidak semua negara bisa naik kelas untuk keluar dari jebakan perangkap menengah dan menjadi negara maju. In the end ujungnya enggak bisa jadi negara maju, dari seluruh negara di dunia hanya 16% yang bisa keluar dari middle income trap,” kata Eko.

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) pada kuartal I 2022 pertumbuhan ekonomi sebesar 5,01%, meningkat jadi 5,44% di kuartal II 2022. Pada kuartal III 2022 pertumbuhan ekonomi mencapai 5,72%. Pada tahun 2022 ini pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2%.

“Pertumbuhan ekonomi 5,2% sebenarnya bukan prestasi juga. Karena kalau pertumbuhan ekonomi 5,2% keterusan sampai 2036 kita jadi middle income trap tetap gak bisa sampai, walaupun lebih baik dari negara lain. Ini urusannya bukan dengan negara lain tetapi urusannya bisa menjadi negara maju,” kata Eko.

Dia juga menambahkan bahwa untuk menjadi negara maju Indonesia harus memiliki rasio pajak (tax ratio) minimal 15%. Oleh karena itu sisi fiskal harus diperkuat agar bisa mencapai target rasio pajak tersebut.

“Rasio pajak kita di bawah 10% jadi usahanya masih banyak yang harus dilakukan,” pungkas Eko. []

Advertisement
Advertisement