August 12, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Jokowi Mania Tuding Apjati Hanya Bicara soal Untung, Tak memperhatikan Perlindungan PMI

2 min read

JAKARTA – Ketua Umum Relawan Jokowi Mania (JoMan), Immanuel Ebenezer alias Noel mengapresiasi keberhasilan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) yang berunding dengan Taiwan dan menaikkan gaji pekerja migran Indonesia dari sektor domestik.

Noel pun menyebut kepemimpinan Benny berhasil menunjukkan kehadiran negara dalam mengatasi permasalahan pekerja migran.

“Ini kan keberhasilan yang harus diapresiasi. Kepemimpinan BP2MI yang dikomandoi oleh pak Benny Rhamdani (menunjukkan) negara hadir dalam masalah pekerja migran. Selama ini kan, tata kelola ketenagakerjaan Indonesia semrawut karena di dominasi oleh kepentingan Apjati,” ucapnya saat dihubungi awak media Sabtu (09/07/2022) kemarin.

Noel kemudian menuding Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Apjati) hanya bicara keuntungan saat membicarakan komponen fee agency.

Menurutnya, Apjati tidak pernah memperhatikan aspek perlindungan hukum bagi pekerja migran.

“Apjati ini kan hanya berbicara kuota-kuota saja. Mereka hanya  berbicara keuntungan dan cuan tapi mereka tidak berbicara tentang keselamatan, perlindungan hukum dan lainnya,” ungkap dia.

Karena itu, bagi Noel, Jokowi Mania bakal mendukung semua langkah BP2MI yang berupaya melindungi pekerja migran Indonesia.

Sebagai sesama aktivis 98, Noel percaya sikap Benny Rhamdani yang berkomitmen melindungi para PMI.

“Negara ini (BP2MI) kan coba membuat regulasi agar terlindungi. Saya rasa (memang)ada beberapa kebijakan BP2MI ini yang harus diapresiasi. Saya mendukung sikap BP2MI dalam peran mereka membuat regulasi pekerja migran,” ungkapnya.

Sebelumnya, BP2MI secara resmi menanggapi tuduhan dan keluhan yang disampaikan Apjati kepada Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko soal antrean penempatan PMI ke Taiwan.

Pelaksana Tugas Sekretaris Utama BP2MI, Achmad Kartiko menyebut tuduhan Apjati itu tidak tepat, tidak berdasar dan sangat tendensius.[]

Sumber Pojok Satu

Advertisement
Advertisement