December 2, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Karya Pelukis Indonesia Laku Rp. 15 Miliar di Sothebys Hong Kong

1 min read
Prime Banner

HONG KONG – Lukisan seniman perupa Indonesia, Sudjana Kerton, dengan judul Kehidupan Desa Indonesia terjual seharga HK$8,040 juta atau sekitar US$1,037 juta atau setara Rp15 miliar (kurs Rp14.500) pada 8 Oktober 2020 di balai lelang Sothebys Hong Kong.

Diunggah di laman Sothebys pada Rabu (14/10/2020), lukisan Sudjana tersebut tertulis lebih tinggi 4 kali dari harga perkiraannya.

Tidak hanya itu, lukisan berjudul Kehidupan Desa Indonesia juga menjadi yang termahal di kategori Penjualan Musim Gugur Seni Modern & Kontemporer Asia Tenggara yang mencapai total HK$69 juta atau US$8,9 juta.

“Dipimpin oleh Sudjana Kerton’s Indonesia Village Life yang terjual seharga HK$8,040 juta / US$1,037 juta, lebih tinggi 4 kali dari perkiraan,” demikian tertulis dalam laman Sothebys Hong Kong.

Tidak hanya itu, harga lukisan Kehidupan Desa Indonesia yang mencapai US$1,037 juta juga merupakan harga tertinggi kedua yang pernah diraih artis di lelang.

Kim Chuan Mok, Kepala Seni Asia Tenggara Sotheby, mengungkapkan pihakbya senang dengan hasil luar biasa dalam penjualan tersebut. Penjualan ini menunjukkan permintaan yang berkelanjutan untuk kategori ini dari kolektor di seluruh Asia.

“Kami sangat senang dengan penampilan luar biasa karya seniman Indonesia dan Vietnam, yang pasarnya terus kami banggakan dalam memimpin dan mengembangkan, serta kinerja yang kuat dari karya seniman Filipina, yang menampilkan keragaman bakat di wilayah ini,” katanya.

Dalam kategori ini, lukisan karya seniman perupa Indonesia lainnya, Handiwirman Saputra dengan judul Weekend and Organic Projects from No Roots No Shoots #3 juga mendapatkan pembelinya.

Karya ini terjual seharga HK$2,52 juta atau sekitar US$325.000. Pencapaian ini disebutkan oleh Sothebys merupakan rekor lelang baru bagi Handiwirman. []

Advertisement