July 21, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Keluarga Ditemukan dan Mendapat Persetujuan, Jenazah Siva Dimakamkan

2 min read

ApakabarOnline.com – Beberapa hari setelah upaya pencarian keluarga pekerja migran Indonesia yang meninggal dunia sejak 7 Agustus silam gencar diberitakan di media, keluarga almarhumah akhirnya berhasil ditemukan.

Direktorat Perlindungan WNI dan BHI dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung serta Disnaker setempat bukan hanya berhasil menemukan keluarga almarhumah, akan tetapui juga berhasil mengungkap identitas asli almarhumah.

Jika sesuai dengan yang tertulis di paspor, almarhumah bernama Siva Yolanda binti Maman Rukma dengan alamat Desa Cisembur, RT002/RW004, Jatinagor, Sumedang, Jawa Barat, petugas yang menelusuri menemukan data asli dari keluarga dan perangkat desa bahwa almarhumah sebenarnya bernama Entin dengan alamat Desa Cisempur, RT 002, RW 009, Jatinangor, Sumedang.

“Di dokumen SPLP, nama mendiang SMR tertulis Sivayolanda Maman Rukma beralamat Desa Cisembur RW. 004, Kecamatan Jatinagor. Dari hasil klarifikasi petugas kami diperoleh, almarhumah memiliki nama asli Entin dengan alamat Desa Cisempur, RT 002, RW 009. Wajar kalau masyarakat sekitar kurang mengenali almarhumah,” ujar Konjen Hery dalam keterangan tertulisnya.

Belajart dari peristiwa ini, Konjen mengajak semua WNI agar menyadari pentingnya identitas diri yang sebenarnya. Pada masa amnesti yang diberikan Pemerintah Arab Saudi bagi warga asing ilegal, KJRI menemukan banyak kasus identitas WNI yang tidak sesuai data diri yang tertera di paspor saat melakukan pendataan.

Setelah mendapat persetujuan dari pihak keluarga, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah akhirnya memakamkan mendiang Entin pada Minggu (25/11/2018) usai disalatkan di Masjid Falestin.

“Oh ya makasih sama semuanya yang udah membantu menangani masalah ini. Mohon maaf telah merepotkan banyak pihak,” tulis Aam komariah, saudara Siva alias Entin.

Jenazah almarhumah disalatkan bersama jamaah salat Asar kemudian dimakamkan di Kompleks Pemakaman Umum Al Rahmah, Distrik Faiha, Jeddah.[]

Advertisement
Advertisement