August 12, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kematian Karena Corona di Hong Kong Tertinggi Sedunia

2 min read

HONG KONG – Situasi pandemi covid-19 gelombang kelima yang tengah terjadi saat ini menjadi titik paling buruk sejak pandemi kali pertama dinyatakan terjadi di Hong Kong pada awal tahun 2020 silam.

Hong Kong yang sempat berhasil mempertahankan upaya zero covid selama beberapa bulan lamanya, pertahanannya seolah jebol saat gelombang kelima menerpa.

Tak hanya kasus baru harian yang mengalami lonjakan cukup tinggi, pada sisi angka kematianpun, Hong Kong juga mengalami lonjakan tinggi pula.

Bahkan, per 9 Maret 2022, angka kematian pasien covid-19 di Hong Kong disebut tertinggi didunia. Secara statistik, pada hari itu rasio angka kematian akibat covid-19 berada pada perbandingan 38,5 per satu juta penduduk dari jumlah penduduk Hong Kong yang jumlahnya 7,5 juta.

Hal tersebut dibarengi dengan dua peristiwa yang beredar luas di sosial media. Pertama ungkapan Dokter Hiu Fai Ho yang beredar luas pada 10 Maret 2022 kemarin, yang dengan tanpa bisa lagi menahan tangisnya, Ho mengatakan bahwa situasi di rumah sakit Hong Kong cukup mengkhawatirkan. Tragedi memilukan tengah melanda pasien yang jumlahnya membludak melebihi kapasitas daya tampung.

Kedua, beredar luas di tengah publik, tiga foto yang menampakan situasi ruang perawatan di rumah sakit, dimana selain ada sejumlah pasien yang tengah terbaring mendapat perawatan, diantara mereka juga terdapat banyak jenazah yang telah dibungkus terpal, dibaringkan diantara pasien-pasien tersebut.

Berkaitan dengan foto itu, Dokter Ho mengatakan kepada awak media lokal Hong Kong, foto itu memang benar terjadi di Hong Kong beberapa waktu yang lalu saat rumah sakit mengalami puncak kepadatan pasien, dan Ho juga mengatakan baha saat ini sudah tidak seperti dalam foto-foto tersebut situasinya. []

 

 

Advertisement
Advertisement