August 12, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Saat Ini, Jepang Membutuhkan 70 Ribu PMI

1 min read

JAKARTA – Jepang saat ini butuh kurang lebih 70 ribu pekerja dari Indonesia.Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BP2MI Benny Rhamdani saat mengunjungi Samosir Sumatera Utara pada Jumat Jumat (11/03/2022) kemarin.

Benny menjelaskan peluang kerja ke luar negeri saat ini sangat terbuka, peluang ini yang ingin ditangkap oleh pemerintah, dan pemerintah akan memfasilitasi siapapun warga negara Indonesia yang ingin bekerja di luar negeri.

Disamping ke Jepang, Benny mengatakan, Indonesia juga sudah menandatangani kerja sama dengan negara Jerman, Korea, Taiwan, Hongkong.

Peluang kerja ini harus kita manfaatkan dengan baik, dan Pemerintah daerah harus menangkap peluang tersebut, sehingga para siswa-siswi SMK yang sudah menyelesaikan studinya bisa langsung bekerja di luar negeri, tentunya dengan melalui jalur resmi dan sudah mengikuti tahapan pelatihan, jelasnya.

Benny juga menjelaskan pemerintah akan menyiapkan pelatihan-pelatihan dan pinjaman bagi calon pekerja migran. Menurutnya, saat ini pekerja migran sudah menjadi kebanggaan, pekerja migran adalah pahlawan devisa negara.

Jika dipersiapkan dengan baik dan melalui prosedur yang resmi, banyak dari pekerja migran yang pulang ke Indonesia dengan modal ekonomi yang cukup baik.

“Mari, kita tangkap peluang kerja ini, kita semua berhak untuk mendapatkan pekerjaan yang layak demi masa depan kita, salah satunya adalah bekerja di luar negeri. ” terangnya.

“Jika ingin melihat peluang kerja tersebut bisa langsung datang ke Dinas Tenaga kerja di daerah, bisa juga ke UPT BP2MI di Medan, atau bisa kunjungi jobsinfo.bp2mi.go.id,” ajaknya.[]

Advertisement
Advertisement