November 27, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kopi dan Green Tea Membantu Penderita Diabet Hidup Lebih Lama

1 min read
Prime Banner

ApakabarOnline.com – Minum teh hijau dan kopi dipercaya dapat membantu penderita diabetes tipe-2 memiliki angka harapan hidup lebih lama. Berdasarkan sebuah penelitian Universitas Kyushu  yang dilansir dari  Express minum empat cangkir atau lebih teh hijau ditambah setidaknya dua cangkir kopi menurunkan risiko kematian disebabkan oleh apapun sebesar 63 persen.

“Kami menunjukkan bahwa konsumsi lebih banyak teh hijau dan kopi secara signifikan dikaitkan dengan penurunan semua penyebab kematian. Efeknya mungkin bersifat tambahan,” tulis kepala penelitian Dr Yuji Komorita, dari Universitas Kyushu di Jepang.

Penelitian sebelumnya menunjukkan minuman tersebut dapat bermanfaat bagi kesehatan karena berbagai senyawa bioaktif yang dikandungnya. Tapi hanya sedikit dari penelitian ini yang dilakukan pada penderita diabetes.

Dalam studi ini, peneliti melacak kesehatan hampir 5.000 orang Jepang dengan diabetes tipe 2, dengan usia rata-rata 66 tahun, selama lima tahun.

Minum hingga satu cangkir teh hijau setiap hari dikaitkan dengan kemungkinan kematian 15 persen lebih rendah, sementara minum dua hingga tiga cangkir dikaitkan dengan risiko 27 persen lebih rendah.

Sementara minum empat cangkir atau lebih dikaitkan dengan peluang 40 persen lebih rendah.

Sementara minum kopi satu cangkir sehari dikaitkan dengan kemungkinan 19 persen lebih rendah. Dua cangkir atau lebih menurunkan risiko sebesar 41 persen.

Teh hijau mengandung beberapa senyawa antioksidan dan anti inflamasi, termasuk fenol dan theanine, serta kafein.

Begitu juga dengan kopi mengandung banyak komponen bioaktif, termasuk fenol. []

Sumber express

Advertisement