December 4, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kurang Tidur dan Sederet Kebiasaan Buruk Berikut ini Akibatkan Perut Wanita Menjadi Buncit

3 min read
Prime Banner

ApakabarOnline.com – Perut buncit bukan hanya dialami para pria, tapi juga menjadi keluhan di kalangan wanita. Penyebab perut buncit pada wanita bisa dikarenakan faktor makanan, usia, maupun pola hidup yang buruk.

Hampir semua orang menganggap perut buncit adalah ‘mimpi buruk’ yang tak pernah diinginkan. Begitu pun bagi sebagian besar kaum hawa. Bukan cuma mengganggu penampilan, perut buncit bisa menandakan seseorang punya masalah kesehatan.

 

Penyebab Perut Buncit pada Wanita

Demi menyusutkan perut buncit, banyak wanita rela merogoh kocek mahal untuk membeli obat pelangsing. Karena memang tumpukan lemak di perut itu membuat kamu tidak percaya diri. Pakai baju apapun jadi terlihat biasa saja.

Tapi kamu tidak perlu sedih, dengan membaca artikel ini kamu akan mengetahui penyebab perut buncit pada wanita yang sebaiknya dihindari mulai sekarang. Apa saja? Simak ulasannya berikut!

 

  1. Sering ngemil

Kebiasaan ngemil makanan dan minuman di luar waktu makan yang seharusnya adalah penyebab perut buncit paling cepat. Apalagi jika kamu ngemil menjelang tidur malam, ini jelas akan berpengaruh sekali.

Ngemil sebenarnya boleh-boleh saja. Namun, segala sesuatu yang berlebihan dan tidak terkontrol pasti memberi dampak buruk bagi kesehatan, begitu juga dengan keseringan ngemil.

 

  1. Tidak suka makan sayur

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa olahraga dan diet sehat dengan makan sayuran bernutrisi menjadi salah satu cara terbaik mengatasi perut buncit.

Tapi hal tersebut tentu saja tidak berlaku bagi mereka yang enggan konsumsi sayur. Bukannya berat badan menurun, justru lemak di perut akan semakin banyak.

 

  1. Konsumsi minuman bersoda

Di dalam minuman bersoda mengandung gas karbon dioksida yang sangat cepat menyebabkan penumpukan gas, membuat perut kembung, dan lingkar pinggang membesar.

Menurut penelitian, orang yang sering mengonsumsi soda diet cenderung memiliki lingkar pinggang lebih besar daripada mereka yang konsumsi soda biasa.

Selain itu, minuman bersoda memiliki kadar gula sangat tinggi. Apabila sering dikonsumsi, minuman bersoda berisiko jadi penyebab perut buncit pada wanita.

 

  1. Menopause

Ketika memasuki fase menopause, beberapa wanita mengalami kenaikan berat badan. Ini biasa terjadi pada satu tahun setelah seorang wanita memiliki periode menstruasi terakhirnya.

Pada saat itu, kadar estrogen wanita akan turun drastis, sehingga meningkatkan risiko penumpukan lemak di perut, pinggul, dan paha.

Untuk menghindari kondisi perut buncit pada wanita akibat menopause, sangat disarankan untuk olahraga secara rutin.

 

  1. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Apa itu PCOS? PCOS atau singkatan dari polycystic ovary syndrome merupakan sindrom ovarium polikistik yang terjadi akibat adanya gangguan fungsi ovarium pada wanita di usia subur.

Dalam beberapa kasus, PCOS menyebabkan hormon wanita tidak seimbang, disebabkan karena hal-hal yang belum diketahui.

 

  1. Stres

Stres karena beban pikiran berseliweran ke mana-mana menjadi salah satu penyebab perut buncit. Ini biasa dialami orang-orang yang nafsu makannya meningkat ketika sedang stres.

Makanan berlemak tinggi serta makanan manis seperti donat dan kue akan lebih sering dikonsumsi. Apabila ini tidak dikontrol, penumpukan lemak di perut akan sulit diatasi.

 

  1. Kurang tidur

Idealnya, durasi waktu tidur orang dewasa adalah 7-8 jam sehari. Namun seringkali, aktivitas sangat padat membuat orang lupa menyempatkan tidur dengan waktu yang cukup.

Begadang hingga kurang tidur bisa membuat kesehatan tubuh menurun dan proses pembakaran kalori (lemak) jadi lambat.

Menurut penelitian yang dilakukan seorang peneliti dari University of Pennsylvania’s Perelman School of Medicine, Andrea Spaeth, mengatakan bahwa orang yang kurang tidur cenderung menambah asupan lemak hingga 500 kalori pada keesokan harinya.

Nah, itulah beberapa penyebab perut buncit pada wanita yang #KAMUHARUSTAU dan sebaiknya dihindari mulai sekarang. []

Advertisement