May 15, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Lembaga Pemerintah : Rakyat Cukup Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi Tangani Pandemi

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

JAKARTA – Peneliti LIPI, Syafuan Rozi menyebut, Presiden Jokowi dianggap mampu menjalankan roda pemerintahan di tengah krisis pandemi Covid-19.

Selama pandemi Covid-19, Pemerintahan Jokowi telah memberikan program bantuan kepada masyarakat kelas menengah bawah. Sehingga hal itu menambah tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintahan Jokowi.

Dilihat dari survei Indikator Politik Indonesia, publik yang merasa sangat puas dengan kinerja Presiden Jokowi mencapai 5,1 persen.

Sedangkan yang cukup puas mencapai 57,8 persen, kurang puas 33,0 persen, tidak puas sama sekali 2,6 persen dan tidak tahu/tidak jawab 1,4 persen.

Survei yang dilakukan pada 1-3 Februari ini melibatkan 1.200 responden. Metode yang digunakan adalah simpel random sampling dan margin of error sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Syafuan menjelaskan, tingkat kepuasan publik terhadap Jokowi masih tinggi karena mampu mengelola negara di tengah krisis pandemi Covid-19. Meski sempat terjadi masalah, namun Jokowi tetap berupaya untuk memenuhi keluhan kelas menengah ke bawah.

Ia mengatakan, pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada masyarakat kelas menengah bawah. Untuk itu, Pemerintahan Jokowi langsung memberikan bantuan sosial untuk masyarakat yang terdampak pandemi.

Meski bantuan sosial sempat dikorupsi oleh eks Mensos Juliari Batubara, Jokowi langsung mengambil tindakan cepat dan tepat memberhentikan menteri dan tidak melindunginya. Sehingga publik tetap bersimpati dengan Presiden Jokowi. []

Advertisement
Advertisement