April 20, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Lengkapi Ihtiyarmu dengan Tawakal Dalam Menjemput Rezeki

2 min read

ApakabarOnline.com – Pada dasarnya setiap rezeki manusia yang hidup di dunia sudah ditentukan oleh Allah SWT. Dan, tidak mungkin Allah tidak memberikan rezeki kepada hamba-hambaNya selama masih mau untuk berusaha dan bekerja.

Jika kita mau untuk berusaha secar maksimal, maka dipastikan Allah akan selalu membuka pintu-pintu keberkahan rezeki. Karena yang Allah mau dari hamba-Nya adalah usaha dan kerja keras untuk mencapai cita-cita.

Sebaliknya, Allah SWT amat tidak suka dengan hamba-Nya yang memiliki watak pemalas, tidak mau bekerja. Allah lebih menyukai mereka yang memberi dari pada mereka yang meminta-minta. Sebab pada dasarnya setiap orang diberikan fasilitas yang sama oleh-Nya, untuk menuai rezeki yang halal serta baik.

Selain dituntut untuk selalu berusaha sekuat tenaga, sebagai orang Islam kita diminta untuk juga berdoa, memohon kepada Allah SWT agar jalan rezeki kita dimudahkan serta dilancarkan. Usaha dan doa menjadi kunci bila Anda ingin mendapatkan rezeki yang berkah.

Berikut 3 doa yang bisa Anda amalkan bila ingin memiliki rezeki yang cukup serta berkah:

Doa Pertama:

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Doa Kedua:

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Doa Ketiga:

Robbanaa anzil ‘alainaa maa-idatan minas samaa-i takuunu lanaa ‘iidan li awwalinaa wa aakhirinaa wa aayatan minka warzuqnaa wa anta khoirur rooziqiin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, turunkahlah kepada kami suatu hidangan dari langit (yang haru turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, berilah kami rezeki, dan Engkau pemberi rezeki yang paling utama.”

Berusaha dan berdoa adalah dua hal yang harus selalu beriringan ada pada diri seseorang bila ingin diberi rezeki yang melimpah. Jangan pernah menjadi pemalas bil mencitakan rezeki yang banyak. Pun, jangan sampai enggan untuk berdoa bila ingin diberi penghidupan yang cukup lagi berkah. Wallahu A’lam.[]

 

Advertisement
Advertisement