December 4, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Lima Tahun Diuji Hidup Susah Terlilit Hutang, Pasutri ini kini Miliki Usaha Beromzet Milyaran

3 min read
Prime Banner

JAKARTA – Pasangan suami istri membagikan perjalanan hidupnya dari susah hingga akhirnya sukses berdagang. Saat itu, mereka sempat hidup susah karena terlilit utang dengan bunga alias riba.

Kreator TikTok @mama.zizo87 membagikan video singkat mengenai perjalanan hidup membangun keluarga bersama suaminya dari susah hingga sukses.

Dalam videonya diceritakanm saat usaia pernikahan mereka berjalan dari tahun pertama hingga kelima, masalah perekonomian benar-benar menjadi sebuah ujian besar. Keduanya bekerja namun tetap saja kurang dan terlilit utang di mana-mana.

“Entahlah, nyaris menyerah dengan hidup. Saya pernah jadi SPG di Swalayan, suami di PHK saat saya hamil muda. dan saya terpaksa harus tetap bekerja untuk makan saya dan suami,” tutur wanita yang akrab disapa Mama Zizo itu.

Dia mengungkapkan, saat itu pernah mengontrak di rumah hanya 1 petak hingga pindah ke kontrakan 3 petak. Kondisi saat itu benar-benar sangat memprihatinkan.

“Suami pernah jadi sales, tapi tetap kurang. Dan tahukah kenapa hidup kami tidak pernah berkah, karena kami terlilit hutang riba,” tegasnya.

 

Awal Kesuksesan

Saat itu, tepatnya di awal 2017 dirinya dan suami memutuskan berdagang pakaian. Bermodal 6 gamis dirinya pun nekat berjualan.

“Awal 2017 dengan modal 6 gamis, Bismillah saya nekat jualan. berawal jualan di pinggir pasar dengan pakai gawang. Kadang pernah sehari tidak satupun laku terjual,” paparnya.

Namun, Mama Zizo tidak putus asa. Dia dan suami terus berusaha berdagang dan berkomitmen tidak mau lagi melakukan pinjaman ke bank dengan sistem riba.

“Saya tidak pernah menyerah. Saya tetap jualan dan komitmen tidak akan berhutang lagi dengan bank,” ucapnya.

Dalam waktu beberapa bulan, usahanya mulai membuahkan hasil hingga maju pesat. Mama Zizo dan suaminya mulai kebanjiran orderan dan merekrut beberapa karyawan untuk membantu mereka.

“Tidak disangka usaha kami maju pesat cuma dalam beberapa bulan. Paket setiap hari ratusan. Sampai kita punya banyak karyawan. 2017 sampai sekarang omset terus melejit sampai miliaran. Seperti mimpi dan sama sekali gak percaya,” urainya.

Mama Zizo mengaku, semua dagangannya kini merupakan produksi sendiri. Dia menambahkan, dagangannya bisa laku pesat karena dibantu ribuan reseller dan memasok stok untuk brand besar.

Toko offline tempatnya jualan pun selalu ramai pembeli dan banyak yang datang dari luar kota. Kini, Mama Zizo merambah ke bidang lain dengan memiliki kemampuan merias hingga jadi makeup artis (MUA).

“Tidak berhenti sampai di situ. Di saat anak ke tiga kami lahir. Allah menganugerahkan kemampuan merias. Sekarang saya merangkap menjadi MUA,” ungkap dia.

 

Cerita Jadi MUA

Dia merasa bersyukur dengan kemampuan merias yang dimilikinya. Ada cerita di balik mengapa bisa sukses merias.

Awalnya, Mama Zizo merias pengantin yatim-piatu secara gratis. Hal ini dilakukan untuk membantu mereka agar biaya pernikahan tak membengkak.

“Baru muncul sebagai MUA job weding tiap hari padat. Bahkan, sehari bisa 2-4 pengantin. Di awal buka jasa makeup saya gratiskan untuk yatim piatu yang tidak mampu. Tak disangka malah viral,” kenangnya.

Kini, dia merasa perjuangannya bersama suami di usia pernikahan 9 tahun sudah membuahkan hasil. Mereka sudah memiliki rumah dan toko, serta tak lagi terlilit utang.

“Dan paling yang kami syukuri, punya 3 anak, punya rumah, sudah punya usaha sendiri dan lepas dari hutang riba. Terima kasih ya Allah,” kata dia mengucap syukur.

Mama Zizo pun membagikan pesan kepada pasangan suami istri yang masih menjalani ujian dalam rumah tangganya. Percayalah setiap ujian pasti ada hikmahnya.

“Buat teman-teman percayalah setiap ujian pasti ada hikmah. Kita harus bangkit dan jangan terpuruk. Allah tidak akan merubah suatu kaum kalau bukan kaum itu sendiri yang merubahnya,” pesannya. []

Simak Videonya

Advertisement