November 27, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

“Macak” Baim Wong, Seorang Pria Hendak Peloroti PMI Hong Kong, Simak Videonya

2 min read
Prime Banner

ApakabarOnline.com – Dari eksploitasi ekonomi, eksploitasi politik, hingga eksploitasi seksual, kalangan pekerja migran indonesia perempuan, masih saja menjadi ladang kejahatan.

Terkini, sebuah video yang viral, memperlihatkan seorang wanita nyaris menjadi korban penipuan mengatasnamakan Baim Wong.

Berdasarkan analisa atmosfir latar video, wanita yang diduga merupakan PMI Hong Kong ini diminta mentransfer sejumlah uang kepada orang yang mengaku Baim Wong tersebut.

Untunglah sesaat sebelum mentransfer uang tersebut, ada teman yang menyadarkan dan menyelamatkannya dari tindak penipuan mengatasnamakan Baim Wong.

Temannya mencegah wanita tersebut untuk mentransfer uang, karena merasa tidak mungkin Baim Wong “mengemis” uang kepada publik.

Berdasarkan video yang diunggah oleh akun Instagram @manaberita, tampak seorang wanita berbaju abu-abu ditenangkan oleh teman-temannya.

Sementara itu, seorang temannya melabrak penipu tersebut melalui telepon.

“Kamu penipu, tau nggak!? Sudah cukup! Ini temenku nggak usah kamu telfon lagi. Baim Wong ndak pernah minta uang,” hardiknya kepada penipu tersebut.

Video ini pun mendapatkan beragam tanggapan dari netizen. Mereka menyayangkan masih ada saja orang yang gampang tertipu dengan iming-iming hadiah dan rela mentransfer uang.

“Kemaren temen ku ngalamin hal yg sama,, dapat Wa dari meneger BAIM WONG, dapat hadiah dari BAIM WONG Uang Tunai Sebesar Rp. 5.000,000, bagus temen ku cerita sma aku,, lasg aku kasih tau itu PENIPUAN,, Hoaxs… Jaman sekarg jangan mudah percaya hal seperti itu,, harus lebih hati2 lagi,” cerita linzwalinzwa.

“Baim sudh beratus kali bilang.. Kalo dia ngadain giveaway gk di pungut biaya sepeserpun.. Dan dia ngasih hadiah cuma lagi live di ig dan di acara tv.. Selain itu penipuan,” papar zeallofa_shezaavrillia2020.

“Wkwk ibu” selalu percaya ginian , di grup banyak tuh modus kek gitu mengatasnamakan Baim , ada yg suruh subscribe , download aplikasi , suruh spam like wkwk mau aja dikibulin,” sindir lukakuuuu32.

Baim Wong sendiri pernah mewanti-wanti followersnya pada bulan September 2020 lalu, agar tidak terkena penipuan. Kala itu, akun Instagram Baim Wong diretas sehingga membuatnya khawatir disalahgunakan. []

Advertisement