December 4, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Mahasiswa SBM ITB di Hong Kong Mendukung PMI Menjadi Majikan di Negeri Sendiri

2 min read
Prime Banner

HONG KONG – Kandidat MBA SBM ITB Kampus Jakarta yang tergabung dalam BLEMBA 26 bekerja sama dengan kegiatan Mandiri Sahabatku dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., melaksanakan web seminar (webinar) tentang kesadaran berwirausaha bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berdomisili di Hong Kong. Edukasi yang dibawakan bertajuk “Komunikasi dan Kepemimpinan Berwirausaha di Era Digital”. Program ini diikuti oleh kurang lebih 400 peserta yang mendaftar secara daring dan disiarkan secara langsung melalui aplikasi Zoom dan kanal media streaming Youtube yang dapat disaksikan kembali.

“Mandiri Sahabatku memiliki keseriusan yang sangat tinggi dalam membantu para PMI mempersiapkan bekal ilmu kewirausahaan saat kembali ke Indonesia nanti. Visi menciptakan pengusaha baru dari kalangan PMI hingga mereka nantinya dapat menjadi ‘majikan’ di negeri sendiri itulah yang mendorong kami dari BLEMBA 26 untuk ikut berperan serta berbagi ilmu kewirausahaan yang kami miliki kepada sahabat PMI khusunya yang masih berada di Hong Kong.“ ujar Ketua Panitia BLEMBA 26 Berbagi, Achmad Alfianto yang biasa disapa Fian.

Fian menambahkan bahwa acara ini adalah bentuk apresiasi BLEMBA 26 terhadap jasa PMI sebagai pahlawan devisa Indonesia. Berdasarkan Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia yang dirilis Bank Indonesia dan BNP2TKI, remitansi yang dihasilkan Pekerja Migran Indonesia mencapai kisaran  USD 4,8 Juta selama semester pertama tahun 2020.

Kegiatan webinar ini diisi oleh 2 (dua) narasumber yang selain berprofesi sebagai wanita karir, juga menjalani peran sebagai pelaku wirausaha yang aktif di media sosial. Narasumber pertama adalah Maria Margaretha Puji Rahayu dari Bank Indonesia yang membahas tentang peranan wanita sebagai pemimpin dalam materi “Komunikasi dan Kepemimpinan”. Dilanjutkan oleh narasumber kedua, Gita Lantika, dari Bursa Efek Indonesia sekaligus pemilik toko daring @Ummu Oil yang mengupas lebih jauh mengenai “engagement” juga berbagi pengalaman serta tips dan trik berjualan di sosial media.

Selain edukasi kewirausahaan, BLEMBA 26 juga mengajak peserta webinar untuk menyampaikan donasi terbaiknya melalui Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation yang akan disalurkan untuk mantan PMI yang telah kembali ke Indonesia dan memulai untuk berwirausaha. Bentuk bantuan yang nantinya diberikan berupa permodalan usaha dan kegiatan-kegiatan mentoring pemberdayaan usaha.

Sementara itu, Dhanie Irawan, Kepala Cabang Remittance Office Bank Mandiri Hong Kong turut mengapresiasi acara ini. “Kami sangat bangga atas kepedulian para mahasiswa kandidat MBA ITB terhadap rekan-rekan PMI yang saat ini tengah jauh merantau dari kampung halaman.  Saya lihat banyak teman teman PMI yang sangat gembira setelah mendapatkan wawasan dan manfaat baru dari materi yang disampaikan. Harapan kami, kegiatan positif semacam ini juga dapat dilakukan oleh pihak lain untuk menguatkan ilmu dan semangat kewirausahaan para PMI untuk kembali ke Indonesia dan menjadi majikan di negeri sendiri.” [PR]

Advertisement