June 14, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Makan Bersama Dapat Menyebarkan Virus Dalam Waktu Kurang dari Lima Menit Tanpa Kontak Fisik

1 min read

HONG KONG – Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Korean Medical Science baru baru ini mengungkap bahwa penyebaran virus corona dapat terjadi karena makan bersama dalam waktu kurang dari lima menit tanpa melakukan kontak fisik saat makan bersama.

Temuan tersebutlah yang diduga menjadi sebab munculnya gelombang baru pandemi corona di Korea dan banyak tempat di dunia.

Hal tersebut menunjukkan betapa berbahayanya kegiatan makan bersama meskipun kurang dari lima menit durasinya.

Penelitian pada jurnal tersebut mengungkap, virus corona mampu menyebar dalam waktu kurang dari lima menit pada jarak tiga sampai enam meter. Tentu saja waktu tersebut lebih cepat dibanding dengan durasi waktu yang dibutuhkan untuk menghabiskan menu makan siang misalnya.

Pernyataan tersebut didasari dari sebuah uji eksperimental pada perilaku beberapa orang yang melakukan makan bersama di beberapa tempat di Korea Selatan.

Sebelum melakukan makan bersama, beberapa orang yang terdeteksi negatif, diketahui memiliki kondisi positif tanpa gejala usai melakukan aktifitas makan bersama.

Temuan ahli dari Korea tersebut tentu memiliki potensi yang sama probabilitas penularannya dengan kawasan-kawasan lainnya yang mirip dengan latar situasi penelitian dilakukan, Korea Selatan.

Hong Kong disebut sebagai salah satu kawasan yang memiliki potensi penyebaran virus dengan pola yang sama.

Terlebih lagi, dalam laporan harian, hampir setiap hari selalu saja ditemukan kasus positif baru yang tidak diketahui sumber penularannya.

Pada kasus yang diketahui sumber penularannyapun, seringkali menyeret latar belakang makan bersama sebagai kriteria yang membuat seseorang positif tertular virus corona dari kasus positif sebelumnya. []

Sumber Journal of Korean Medical Science

Advertisement
Advertisement