June 19, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Manfaat Mentega bagi Kesehatan Tubuh Kita

2 min read

JAKARTA – Mentega sebagai bahan makanan yang kerap digunakan sebagai teman praktis untuk makan roti atau pengganti minyak pada tumisan masakan.

Makanya bahan makanan yang satu ini memang selalu disimpan oleh keluarga di rumah.

Mengutip merdeka.com, mentega merupakan salah satu produk susu karena terbuat dari lemak hewan.

Selain susu, mentega juga terdiri dari air dan garam. Karena itu, mentega mengandung lebih banyak lemak jenuh atau saturated fats yakni 66 persen jika dibandingkan dengan lemak tak jenuhnya yakni 34 persen.

Lemak jenuh ini biasanya terkait dengan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Maka dari itu, sebaiknya tidak berlebihan mengonsumsi mentega.

Meskipun demikian, mentega juga diperkaya kandungan vitamin A, D, E, dan K. Mentega juga mampu memberikan rasa kenyang lebih lama dan terasa lebih gurih.

Aromanya yang lebih tajam saat dimasak, membuat mentega relatif lebih mahal ketimbang margarin.

Untuk mendapatkan manfaat dari mentega, penting untuk memperhatikan jumlah dari konsumsinya.

Melansir merdeka.com, berikut 7 khasiat mentega bagi kesehatan tubuh yang telah dirangkum dari Liputan6.com:

 

  1. Mencukupi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

 

Kandungan vitamin dan mineral dalam mentega sangat beragam beberapa di antaranya seperti vitamin A, E, dan K2.

Vitamin K2 sendiri sangat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme kalsium dalam tubuh dan bisa mencegah penyakit serius seperti penyakit jantung, kanker, juga osteoporosis.

 

  1. Membantu Pembakaran Lemak

Khasiat mentega bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah dapat membakar lemak. Hal ini tak lepas dari kandungan kolestorl baik yang ada di dalamnya.

Kolesterol baik di dalam mentega bermanfaat untuk membuat perut terasa kenyang serta membantu peningkatan pembakaran lemak.

 

  1. Memiliki Kandungan Conjugated Linoleic Acid

Khasiat mentega bagi kesehatan tubuh berikutnya berasal dari kandungan conjugated linoleic acid (CLA) di dalamnya. CLA sendiri merupakan salah satu sumber asam lemak yang baik. Asam lemak tersebut memiliki khasiat yang sangat tinggi pengaruhnya terhadap kinerja metabolisme dan bisa meningkatkan pembakaran lemak. Selain itu, CLA juga terbukti mampu memerangi sel kanker.

 

  1. Mencegah Diabetes

Bukan hanya dapat menjaga kesehatan mata, mentega juga bermanfaat untuk mencegah diabetes. Hal ini tak lain karena mentega mengandung asam lemak butirat yang memiliki beragam manfaat, seperti mencegah kenaikan berat badan, meningkatkan energi, menurunkan trigliserida serta insulin.

Maka tidak heran, jika asam lemak ini bisa mencegah diabetes, serta mengurangi nafsu makan.

 

  1. Sumber Energi

Lalu, khasiat mentega bagi kesehatan lainnya adalah sebagai sumber energi. Setiap 100 gram mentega memiliki kandungan 725 kkal.

Kandungan sebesar itu bisa memberi energi agar terpenuhi setiap harinya, terutama bagi yang memiliki kesibukan tinggi.

 

  1. Jaga Kesehatan Mata

Khasiat mentega selanjutnya berasal dari kandungan vitamin A di dalamnya. Mentega memiliki kandungan vitamin A hingga 3300 IU. Dengan asupan vitamin A yang cukup bisa berdampak baik untuk kesehatan mata.

 

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Dengan kandungan lemak sehat dan kolesterol baik di dalam mentega, maka tidak heran jika manfaat mentega bisa menjaga kesehatan jantung dan mencegah dari risiko terkena penyakit jantung. []

Advertisement
Advertisement