August 1, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Masuk 2021, 19 Provinsi Akan Dilanda Hujan Deras, Berikut Detailnya

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan tentang prakiraan cuaca pada saat awal pergantian tahun 2021. BMKG menyatakan bahwa terdapat 19 provinsi berpotensi akan hujan deras di awal tahun baru.

Sebanyak 19 provinsi yang diprediksi akan diguyur hujan deras pada awal tahun baru 2021 itu yakni, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Kemudian Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Papua.

Kemudian, khusus untuk wilayah di DKI Jakarta, BMKG memprediksi akan terjadi hujan deras pada malam pergantian tahun 2020 ke 2021, yakni Kamis (31/12).

Lebih lanjut, BMKG menyatakan potensi cuaca yang sama juga bisa meluas ke wilayah kota penyangga DKI Jakarta, seperti Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi.

Sementara itu, Kepala BNPB Doni Monardo meminta masyarakat agar waspada dalam menghadapi cuaca buruk. Menurutnya, cuaca buruk dapat memicu terjadinya banjir dan tanah longsor. []

Advertisement
Advertisement