August 12, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Memahami Tanda-Tanda yang Diberikan Allah Melalui Kucing Yang Mendekati Kita

2 min read

JAKARTA – Kucing adalah salah satu jenis hewan yang banyak dijadikan sebagai binatang peliharaan oleh sebagian besar orang.

Hewan ini dijadikan peliharaan karena mudah dirawat, setia, dan juga tingkah laku yang menggemaskan.

Kucing merupakan jenis hewan mamalia karnivora yang berasal dari keluarga Felidae. Habitat kucing adalah di darat yang biasanya berbaur dengan manusia sebagai peliharaan dan ada juga yang hidup liar.

Mengutip dari liputan6.com, kucing merupakan hewan kesayangan banyak orang. Kucing bisa menjadi peliharaan yang setia dan menggemaskan.

Dalam Islam, kucing termasuk hewan yang istimewa. Nabi Muhammad SAW bahkan memiliki kucing yang sangat disayanginya, bernama Muezza.

Kucing juga termasuk hewan yang suci dan jauh dari najis. Ini membuat hewan satu ini begitu dihormati dalam Islam. Sebagai hewan kesayangan Rasulullah, kucing bahkan masuk dalam hadis-hadis. Kucing bahkan hadir dalam berbagai perjalanan peradaban Islam. Hingga kini kucing menjadi hewan yang paling dikasihi umat Islam.

Melansir dari pikiran-rakyat.com, kucing yang datang itu ternyata membawa pesan atau tanda dari Allah, seperti yang dijelaskan dalam channel youtube NB BOR CHANNEL yang diunggah 23 Februari 2021.

Berikut 3 tanda atau pesan kucing kepada kita :

  1. Kedatangan kucing merupakan pertanda bahwa Allah SWT mengingatkan kepada kita tentang hakikat memberi, semua rezeki yang kita dapatkan bukanlah sepenuhnya hak kita.

Ada hak orang lain yang seharusnya kita keluarkan, seperti zakat fitrah dan zakat harta yang wajib dikeluarkan sebagai rukun islam yang harus dipenuhi.

Tanpa memenuhi hal semacam ini, tentu sebagai umat Islam belum menjalankan semua aturan yang ditegakkan.

Dalam konteks kucing yang datang saat makan, mengingatkan kita bahwa rezeki Allah yang kita terima juga harus dibagikan kepada makhluk lain, seperti kucing.

Artinya dalam makanan yang disantap, ternyata ada rezeki untuk kucing yang seharusnya kita berikan.

  1. Memberi makanan kepada makhluk Allah termasuk kucing, merupakan sebuah kebaikan, sesuai dengan firman-Nya: “Allah SWT akan melipatgandakan satu kebaikan dengan 10 kali lipat kebaikan lainnya.”

Terlebih jika kita memberikan dengan ikhlas dan tidak terpaksa. Jika kita berbuat baik kepada manusia, seseorang kerap menginginkan adanya balasan dari orang lain.

Namun tidak demikian jika manusia berbuat baik kepada kucing, hewan ini tentu tidak bisa membalas kebaikan yang sudah diberikan kepadanya.

  1. Allah sedang memberi tahu, apabila kita tidak memberikan makanan pada kucing itu, sesungguhnya kita sedang menolak rezeki baru yang akan Allah berikan kepada kita.

Rezeki itu luas bukan hanya tentang sekedar uang, tetapi meliputi seluruh kehidupan.

Semoga kita sebagai seorang Muslim termasuk orang yang pandai dalam membaca tanda dari Allah melalui seekor kucing yang datang kepada kita. Seperti halnya makanan yang sedang disantap itu merupakan rezeki yang harus kita bagi atau berikan kepada makhluk yang lain. []

Advertisement
Advertisement