November 25, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Mengirim Masker Ongkosnya Mahal ? Begini Sebabnya

2 min read
Foto Kumparan.com

Foto Kumparan.com

Prime Banner

HONG KONG –  “Masker yang saya terima beratnya hanya 8 kg. Tapi kenapa kok di slip ongkos kirimnya ditulis 16 kg ? Bayarnya juga menjadi 16 kg ? “

Kalimat tersebut merupakan satu dari sekian banyak kalimat yang bernada protes atas mahalnya mengirim barang yang secara fisik, volume metriknya besar. Seperti kemasan masker misalnya.

Kalimat tersebut akhir-akhir ini sering mencuat ke permukaan utamanya di kalangan pekerja migran Indonesia di Hong kong lantaran dalam beberapa saat terakhir, mereka banyak yang mendapat kiriman masker dari Indonesia dengan ongkos kirim yang terbilang mahal dibanding ongkos kirim barang melalui kargo langganan PMI seperti waktu-waktu tidak ada wabah corona.

Menjawab pertanyaan tersebut, merujuk dari beberapa sumber, sejatinya sebuah barang paketan yang akan dikirim baik lokal maupun internasional akan ditentukan ongkos kirimnya melalui satuan berat. Namun jika berat aktual lebih kecil dibanding dengan hasil penghitungan volume metrik, maka dasar penghitungan yang akan digunakan adalah hasil penghitungan volume matrik.

Menghitung berat bobok aktual mudah, tinggal menaruh barang diatas timbangan, akan langsung diketahui beratnya. Namun menghitung berat berdasarkan volume metrik memerlukan formula yakni {panjang x lebar x tinggi} : 6000 = berat. Ada pula yang menggunakan perhitungan [panjang x lebar x tinggi] : 4000 atau 5000 = berat. Formula tersebut berlaku internasional, seluruh perusahaan ekspedisi di dunia menggunakannya.

Seperti contoh simulasi berikut ini, sebuah masker satu karton berisi 40 box saat ditimbang beratnya hanya 11,2 kg. Namun volume metrik karton yang berisi 40 box masker tersebut didapati panjang 47 cm, lebar 42 cm dan tinggi 45 cm. Jika menggunakan angka pembagi 5000, maka berat berdasarkan penghitungan volume metrik yang didapatkan adalah [ 47 x 42 x 45] : 5000 = 17.776.

Hasil dari penghitungan tersebut, berdasarkan penghitungan berat volume metrik hasilnya 17.776 sedangkan berat berat berdasarkan penghitungan bobot aktual sebesar 11.2. Dengan demikian yang digunakan oleh jasa ekspedisi untuk membawa satu karton masker diatas perhitungannya adalah berat yang lebih besar, yakni berat volume metriknya sebesar  17.776 yang secara otomatis akan dibulatkan menjadi 18 kg. []

Advertisement