January 28, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Menyusul Semeru, Gunung Kerinci Alami Erupsi, Maskapai Penerbangan Diminta Menjauhi

1 min read

JAKARTA – Maskapai penerbangan diimbau untuk menghindari jalur di sekitar Gunungapi Kerinci di Jambi, Sumatera Barat, menyusul terjadinya erupsi Gunungapi Kerinci pada pukul 08:22 WIB hari ini, Selasa (06/12/2022).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Hendra Gunawan.

Hendra mengatakan, imbauan ini karena letusan Gunungapi Kerinci berpotensi lebih tinggi lagi, sehingga bisa mengganggu penerbangan.

“Sebaiknya jalur penerbangan di sekitar Gunungapi Kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan,” ucapnya, Selasa (06/12/20022).

Hendra mengatakan, erupsi yang terjadi hari ini disertai dengan kolom abu teramati ± 700 m di atas puncak (± 4.505 meter di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 3 mm dan durasi ± 1 menit.

“Saat ini Gunung Kerinci berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi masyarakat di sekitar Gunungapi Kerinci dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak Gunungapi Kerinci di dalam radius 3 km dari kawah aktif atau masyarakat dilarang beraktivitas di dalam radius bahaya/KRB III,” tuturnya. []

 

Advertisement
Advertisement