January 21, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Merencanakan Dana untuk Kesehatan Itu Penting, Sepenting Mengupayakan Hidup Tetap Sehat

2 min read

Health insurance form with stethoscope concept for life planning

JAKARTA – Kesehatan merupakan suatu kondisi yang tidak bisa diketahui kapan tibanya. Dengan demikian, banyak orang yang masih menganggap kesehatan diri hal sepele yang disesuaikan dengan usia. Tidak heran pula, jika banyak orang yang menyepelakan biaya kesehatan, bahkan juga enggan melindungi diri dengan asuransi kesehatan karena merasa akan sehat-sehat saja.

Hal tersebut tentunya berbahaya. Mengapa demikian? Tentunya kita tidak tahu apa yang akan menimpa kita menjadi jatuh sakit, apalagi biaya pengobatannya. Jika tidak dipikirkan sejak sehat, kita bisa jadi merugikan keluarga.

Nah, ada beberapa cara mengatur keuangan yang dapat digunakan untuk merancang dana kesehatan untuk Anda dan keluarga. Berikut financial checklist-nya.

  1. Membuat dana darurat

Di saat keadaan darurat seperti tiba-tiba sakit, dana darurat menunjukkan keikutsertaannya. Musibah sakit bisa menimpa siapa saja dan biaya yang diperlukan bisa luar biasa besar. Apabila tidak punya dana darurat, saya pastikan solusi Anda adalah menggerus penghasilan bulan itu, dan pada akhirnya berutang dengan pinjaman dana tunai atau kartu kredit.

  1. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan rawat inap akan memberikan penggantian biaya kesehatan jika Anda sampai dirawat di rumah sakit akibat terkena penyakit atau pun kecelakaan. Jumlah penggantian tergantung dari kontrak kesehatan yang Anda ambil, umumya dengan acuan biaya kamar rawat inap.

  1. Membuat pundi – pundi kesehatan

Berbeda dengan dana darurat, pundi-pundi kesehatan ditujukan lebih untuk masa pensiun. Masa dimana Anda mungkin sudah tidak bekerja kantoran, sehingga tidak ada fasilitas bantuan kesehatan, dan juga simpanan yang ada mulai dipergunakan untuk membiayai hidup. Ingatlah bahwa semakin banyak usia, maka risiko sakit juga lebih besar. Oleh sebab itu, penting bagi setiap orang untuk menjaga kesehatan dengan minum vitamin, rajin kontrol ke dokter, dan juga melakukan medical check up. Kebutuhan kesehatan inilah yang akan dibayarkan dengan dana di pundi-pundi kesehatan. []

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply