June 25, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Meski Pandemi Li Ka Shing Kembali Menjadi Orang Terkaya di Hong Kong

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

HONG KONG – Li Ka-Shing kembali menjadi orang terkaya Hong Kong pada tahun ini. Kekayaannya meningkat 20 persen dalam setahun terakhir.

Dikutip dari Forbes, Kamis (25/2/2021), selama pandemi Covid-19, harta miliarder Hong Kong malah meningkat. Padahal, pertumbuhan ekonomi negara tersebut minus 6,1 persen, terburuk sejak krisis keuangan Asia pada 1998.

Kekayaan Li Ka-Shing mencapai 35,4 miliar dolar AS atau hampir Rp500 triliun. Harga saham CK Asset Holding, perusahaan miliknya sebenarnya turun 27 persen.

Namun, penurunan itu mampu dikompensasi dari kenaikan harga saham Zoom, platform konferensi video yang populer selama pandemi.

Di posisi kedua, ada Lee Shau Kee, raja properti yang tahun lalu merebut takhta orang paling tajir di Hong Kong. Kekayaan Kee relatif tak berubah yakni 30,5 miliar dolar AS.

Sementara di posisi ketiga ada Henry Cheng dan keluarganya yang hartanya naik 1,4 miliar dolar AS dalam setahun terakhir menjadi 22,1 miliar dolar AS.

Kenaikan kekayaan terbesar dialami oleh pasangan suami istri, Yeung Kin-Man dan Lam Wai-Ying. Perusahaan mereka, Biel Crystal kebanjiran pesanan pelindung layar smartphone.

Situasi itu membuat kekayaan mereka meningkat dua kali lipat menjadi 18,6 miliar dolar AS. Pasangan tersebut kini menjadi orang terkaya nomor keempat di Hong Kong. []

Advertisement
Advertisement