June 22, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Meskipun Sudah Lewat Masa Mudik Lebaran, PMI yang Pulang ke Jawa Timur Terus Berdatangan

2 min read

SURABAYA – Pasca Lebaran 2021 Pekerja Migran Indonesia (PMI) terus berdatangan melalui  Bandara Internasional Juanda Surabaya. Tercatat sebanyak dua pesawat telah mendarat membawa 216 orang PMI Singapura dan Malaysia pada Minggu (23/05/2021).

Diperkirakan pada Senin (24/05/2021) hari ini ada tiga kloter penerbangan dua dari Singapura satu dari Malaysia.

Dari jumlah 216 orang PMI yang tiba kemarin tersebut, 209 dikarantina di Asrama Haji. Sedangkan 7 orang karantina mandiri di beberapa hotel di Surabaya dan Malang.

Data tersebut diperoleh dari UPT Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja (UPT P2TK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim dan Posko KKP di Asrama Haji Sukolilo Surabaya,  pada Senin (24/05/2021) pagi.

Kedatangan PMI pertama dari Singapura pada 23 Mei  menggunakan pesawat Scoot Tiger Air (TR262) dengan mebawa 42 penumpang. Dari 42 orang PMI asal Singapura itu 38 menjalani karantina di Asrama Haji. Sedangkan 4 lainnya karantina mandiri di hotel dengan biaya sendiri namun tetap dalam pengawasan Pemprov Jatim.

Untuk data karantina  hotel, dua orang di Harris Satelit Surabaya, satu orang di JW Marriott dan satu orang di Shanggril La Hotel Surabaya.

Sementara kedatangan penerbangan kedua pada hari yang sama, yakni menggunakan pesawat Air Asia (QZ321) dari Kuala Lumpur Malaysia. Total tercatat 174 orang PMI. Dari jumlah tersebut yang karantina mandiri di hotel tiga orang, yakni satu orang di Hotel Holyday Inn Expres Malang, satu orang di Holyday Inn Expres Surabaya dan satu orang di Hotel Novotel Surabaya.

Kepala UPT P2TK Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim, Budi Raharjo, mengatakan, sementara untuk PMI yang datang pada hari ini, Senin (24/05/2021), ada tiga kloter penerbangan. Yakni dua dari Singapura dan satu dari Malaysia dengan jumlah penumpang 369 orang PMI.[]

Advertisement
Advertisement