August 3, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Minjam ID Beberapa Teman Untuk Ngutang, Lari dari Cicilan, Tiga PMI Hari Ini Disidangkan

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

HONG KONG – Sering kejadian, seorang PMI harus mencicil lunas hutang puluhan ribu dolar Hong Kong yang dilakukan oleh temannya gegara korban meminjamkan ID card untuk meminjam uang, kemudian teman yang menerima uang menghilang tanpa melunasi angsuran.

Namun ternyata, jika pemilik ID jeli, memiliki barang bukti serta saksi untuk melapor ke aparat, kasus seperti ini bisa diselesaikan di pengadilan.

Pelaku peminjam ID yang mangkir dari cicilan, diproses hukum.

Seperti yang terjadi pada NR. NR meminjam beberapa kartu identitas dari beberapa temannya untuk meminjam uang di finance.

Kepada seluruh teman yang meminjamkan IDnya, NR melakukan hal sama, menyampaikan terimakasih, mengucapkan janji manis, kemudian menghilang tanpa mengangsur cicilan.

Walhasil, teman-teman NR yang ketiban apes harus melunasi puluhan ribu hutang NR di finance setiap bulannya.

Modus yang dilakukan NR berhenti, setelah beberapa korban melaporkannya ke aparat secara bersama-sama. NR ditangkap dengan barang bukti, kesaksian, bahkan hingga rekaman CCTV.

Atas perbuatannya, hari ini (26/11/2020) NR tengah menjalani persidangan di Kowloon City Magistrates dengan tuduhan menggunakan identitas orang lain dan menyalahgunakan, melakukan penipuan.

Tak hanya NR, dua PMI lainnya juga menjalani persidangan dengan dua tuduhan yang berbesa.

MS, yang melakukan pelanggaran rambu lalulintas, yakni menyeberang saat sinyal lampu lalu lintas menyala merah menjalani persidangan di pengadilan yang sama dimana NR disidangkan.

Sedangkan S, seorang PMI yang menyalahgunakan visa tinggalnya, hari ini menjalani persidangan di Sha Tin Magistrates.

Semoga ketiga PMI tersebut dilancarkan prosesnya dan mendapat keadilan tyang seadil-adilnya sesuai dengan apa yang mereka perbuat. []

Advertisement
Advertisement