June 13, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Mulai 5 Juni, Singapura Stop Penerbangan dari China

1 min read

HONG KONG – Pemerintah Singapura memutuskan menghentikan kedatangan pengunjung dari Guangdong, China setelah adanya peningkatan kasus Covid-19 di wilayah tersebut.

Menteri Kesehatan Singapura, Ye Kung mengumumkan mulai besok 5 Juni 2021, siapa pun yang melewati provinsi China itu dalam 21 hari sebelumnya tidak akan bisa masuk ke Singapura.

Dikutip dari Asia News, Jumat, 4 Juni 2021, warga negara Singapura, penduduk jangka panjang, dan pengunjung yang sering bepergian harus menjalani tes diagnostik setibanya di Bandara Changi dan kemudian mematuhi karantina selama tujuh hari.

Di sisi lain, semua pengunjung dari China harus menjalani tes polymerase chain reaction (PCR).

Guangdong dianggap sebagai salah satu pusat manufaktur terpenting di China. Namun, sejak akhir Mei menjadi episentrum gelombang kecil baru kasus Covid-19.

Dalam laporan terakhir ada lebih dari 50 kasus, beberapa tempat ditutup dan siapa pun yang ingin meninggalkan provinsi itu harus menunjukkan tes negatif yang dilakukan dalam 72 jam terakhir.

Kasus Covid-19 juga terus meningkat di negara-negara Asia Tenggara lainnya. Di Malaysia, jumlah kematian telah melampaui angka 3.000.

Pada Mei lalu, Singapura memperingatkan perkembangan beberapa varian baru Covid-19 mirip India yang sebagian besar akan mempengaruhi anak-anak.

Berdasarkan data per Kamis 3 Juni 2021, sebanyak 8.000 kasus baru tercatat di Malaysia. Pemerintah Malaysia juga telah memberlakukan lockdown selama dua minggu, yang akan tetap berlaku hingga 14 Juni 2021. []

 

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply