August 1, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Mulai Hari Ini, Giliran UEA Menutup Pintu Seluruh Penerbangan Penumpang dari Indonesia

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

JAKARTA – Amukan pandemi corona di Indonesia sebulan belakangan membuat banyak negara lain mewaspadai pelaku perjalanan yang memiliki riwayat perjalanan dari Indonesia.

Setelah sebelumnya Hong Kong menutup pintu penerbangan penumpang, Singapura memperketat pelaku perjalanan dari Indonesia, mulai hari ini (11/07/2021), giliran Uni Emirat Arab (UEA) melakukan hal serupa, menutup pintu kedatangan bagi pelaku perjalanan yang memiliki riwayat asal perjalanan dari Indonesia.

Dilansir Reuters yang mengutip kantor berita WAM, larangan kedatangan tersebut tak hanya berlaku oleh Indonesia saja, Afghanistan juga termasuk dalam larangan tersebut.

Badan Penerbangan Sipil dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana UEA turut melarang masuk para pendatang yang sebelumnya pernah berkunjung ke Indonesia dalam jangka waktu 14 hari sebelumnya.

“Penumpang transit dari Indonesia dan Afghanistan juga akan dilarang memasuki negara tersebut. Penerbangan transit yang bepergian ke UEA dan menuju negara-negara ini dibebaskan dari penangguhan,” seperti dilansir dari Gulf News.

Selain itu, Pemerintah UEA juga melarang warganya untuk pergi ke Indonesia dan Afghanistan kecuali memiliki misi diplomatik, perawatan medis darurat, delegasi resmi untuk ekonomi dan ilmiah dengan izin instansi berwenang.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Singapura juga menetapkan pembatasan ketat bagi pendatang dari Indonesia mulai Senin (12/07/2021) mendatang. []

Advertisement
Advertisement