June 22, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Naik Cathay Pasific, Ratusan PMI Hong Kong yang Turun Surabaya Langsung Dikarantina di Asrama Haji

1 min read

SURABAYA – Rombongan Pekerja Migran Indonesia(PMI) masih terus berdatangan ke tanah air melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya. Hari ini, Jumat(04/06/2021) sebanyak 201 PMI dari Singapura dan Hongkong baru mendarat di Surabaya dan langsung di swab serta  karantina di Asrama  Haji Surabaya.

Petugas Posko Penanganan Data Pemulangan PMI Jatim, Mochammad Ma’arif  menjelaskan bahwa baru datang PMI asal Singapura dengan penerbangan pesawat  Scoot Tiger Air TR 262 (A320) Jam 09.35 sebanyak 49 orang dan penerbangan pesawat Cathay Pacific CX2779 (A330) jam 12.35 sebanyak 152 orang.

Seperti PMI sebelumnya, meraka langsung dilakukan Swab satu persatu oleh petugas kesehatan kemudian dilakukan karantina selama dua – tiga hari di asrama haji sambil menunggu hasil swabnya.

Apabila hasilnya negatif, maka PMI diperbolehkan pulang ke daerah asal dengan dijemput oleh pemerintah daerah setempat, atau secara mandiri namun dengan pantauan pemerintah daerah setempat dan jika hasil swab PMI dinyatakan positif Covid-19 maka harus diisolasi di RS Lapangan Indrapura Surabaya atau RSUD dr Soetomo Surabaya.

Pantauan dilapangan, petugas kesehatan melakukan tes Swab PCR buat para PMI yang datang pada kloter pertama dari Singapura dan Hongkong ini, dan tempat cuci tangan juga disiapkan. Selain itu  para petugas BPBD Jawa Timur  juga telah melakukan pembersihan tempat ruang kamar tidur dengan penyemprotan disinfektan. []

Advertisement
Advertisement