November 28, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Pandemi Gelombang Ketiga Mereda, Murid SD dan TK se-Hong Kong Kembali ke Sekolah dengan Gembira

2 min read
Prime Banner

HONG KONG – Tak kurang dari 900-an ribu murid SD dan TK se-Hong Kong berbahagia, setelah otoritas Hong Kong menyatakan situasi aman bagi mereka untuk kembali masuk sekolah sejak Senin 29 September 2020 kemarin. Mereka terpaksa menjalani belajar daring sejak enam bulan belakangan.

Anak-anak sekolah di Hong Kong diperbolehkan ke sekolah setelah kasus infeksi virus corona menunjukkan penurunan.

Sebelumnya, pelajaran tatap muka sebagian besar ditangguhkan di semua sekolah dan TK di Hong Kong sejak Februari 2020 lalu.

Sementara sebagian besar kelas sempat kembali dibuka sebentar selama sekitar satu bulan pada Mei , tapi sekolah ditutup lagi pada Juli 2020 karena gelombang ketiga Covid-19.

Dinukil dari SCMP, para staf dan guru sekolah tampak menyapa anak-anak di pintu gerbang dan menyiapkan kegiatan pemanasan sebelum pembelajaran dimulai.

Salah seorang siswa SD mengaku bersemangat kembali ke sekolah dan bertemu teman-temannya.

“Saya senang karena akhirnya bisa bertemu dengan teman sekelas saya lagi. Saya pikir saya masih bisa mengenali mereka,” kata seorang anak SD yang berusia tujuh tahun.

“Saya senang karena beberapa kakak kelas empat akan memimpin kami berkeliling sekolah hari ini,” kata anak lainnya.

Salah seorang ibu siswa yang bernama Erika Sin mengungkapkan kebahagiaannya dan merasa lega kembali bisa belajar tatap muka.

“Awalnya saya khawatir karena ini tahun pertama di lingkungan baru dan tahap baru, tetapi persiapan sekolah melegakan,” katanya.

“(Anak-anak) telah melewatkan kesempatan untuk interaksi kehidupan nyata dan kegiatan kelompok, yang penting bagi mereka,” tambahnya.

Sementara itu, sekitar 27.000 siswa lintas batas, warga Hong Kong yang tinggal di Tiongkok daratan masih tidak dapat kembali ke kota dan kembali ke kelas karena aturan karantina wajib masih berlaku.

Pemerintah Hong Kong sebelumnya mengatakan pihaknya sedang berdiskusi dengan otoritas Tiongkok daratan atas masalah tersebut. []

Advertisement