June 22, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Pasokan PRT Asing Baru Alami Kelangkaan, Pemerintah Hong Kong Didesak Membuka Kran Kedatangan PRT Asing yang Telah Divaksin

1 min read

HONG KONG – Penutupan penerbangan dari dan ke beberapa negara yang dilakukan Hong Kong selama ini berimbas pada kelangkaan PRT asing baru setelah salah satu negara pengirim PRT asing, Filipina masuk dalam kategori tersebut.

Penutupan akses penerbangan dari dan ke Filipina oleh Pemerintah Hong Kong yang telah berlangsung sejak 20 April 2021 lalu membuat kebutuhan pekerja rumah tangga asing untuk warga Hong Kong semakin sulit terpenuhi.

Tak hanya itu, di dalam Hong Kong, langkanya tenaga kerja untuk PRT membuat banyak kalangan majikan memasang gaji hingga HKD 9.000 demi memenangkan persaingan mendapatkan PRT asing dari agen-agen yang menyalurkan.

Dalam keterangan yang dinukil dari Oriental Group kemarin (07/06/2021), ketua asosiasi agen PRT asing, Kit Man Cheung menyatakan, penutupan penerbangan dari dan ke Filipina selama ini telah membuat setidaknya 5 ribu  calon PRT asing gagal atau tertunda keberangkatannya.

Sedangkan kebutuhan masyarakat Hong Kong akan tenaga PRT asing menurut datanya, saat ini berkisar antara 5 hingga 6 ribu.

Menyikapi kondisi demikian, asosiasi agen penyalur PRT asing mendesak Pemerintah Hong Kong untuk membuka kran kedatangan PRT asing dari Filipina yang telah divaksin. []

Advertisement
Advertisement