January 31, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Pelatihan Berbasis Kompetensi Gelombang Pertama Tahun 2023 di BLK Jatim Dibuka

2 min read

SURABAYA – Mengawali tahun 2023 UPT balai Latihan Kerja (BLK) Surabaya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim membuka pelatihan berbasis kompetensi 2023 sebanyak 5 paket.

Kepala Disnakertrans Jatim, Himawan Estu Bagijo, Selasa (24/01/2023) menjelaskan, pelatihan berbasis kompetensi di era sekarang ini sangatlah penting dalam menghadapi dunia kerja, karena pasar kerja yang membutuhkan kompetensi di samping pendidikan dasar.

Oleh karenanya, untuk menghadapi masalah ketenagakerjaan, pemerintah memprioritaskan pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan vokasi baik skilling, upskilling maupun reskilling. Dengan demikian dapat meningkatkan kemampuan keterampilan/kompetensi dan produktivitas tenaga kerja.

“Karena pasar kerja saat ini sangat kompetitif, sehingga dengan upskiling atau reskiling dapat berkompetisi untuk memasuki dunia kerja, karena ending tujuan dari pelatihan ini adalah dapat bekerja baik di sektor formal maupun informal,” ujar Himawan.

Sebagai informasi, UPT BLK Surabaya merupakan unit pelaksana teknis bidang pelatihan yang melaksanakan vocational training untuk menjawab tantangan dunia kerja. Melalui program link and match antara dunia pelatihan dengan kebutuhan industri, Disnakertrans Jatim memastikan agar kompetensi yang dimiliki SDM Jawa Timur sudah sesuai dengan kebutuhan industri berbasis teknologi digital.

“Seperti halnya revolusi industri 4.0, dan pada era revolusi industri 4,0 ini kita juga harus pinter-pinter karena juga banyak pekerjaan yang akan hilang, tapi juga akan tumbuh pekerjaan-pekerjaan baru,” jelasnya.

UPT BLK Surabaya memiliki kejuruan unggulan, misalnya teknik manufaktur, teknik listrik, teknologi informasi dan komunikasi, bisnis dan manajemen,  serta kejuruan pendukung yaitu teknik las, teknik elektronika, teknik otomotif dan pariwisata. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang dapat bersaing di dunia kerja baik secara nasional maupun internasional. []

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply