January 22, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Pentingnya Perencanaan dalam Memulai dan Menjalankan Usaha

3 min read

JAKARTA – Ternyata untuk memulai usaha atau bisnis, tidak banya diperlukan untuk dalam segi permodalan saja. Melainkan dari segi perencanaan usaha juga. Karena dengan adanya sebuah perencanaan, bisnis tersebut dapat dijalankan secara terstruktur dan sistematis sehingga mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Lalu, siapa yang membutuhkan perencanaan usaha ini? Tentu saja untuk semua pelaku bisnis, termasuk Usaha Kecil Menengah (UKM). Bagi UKM, rencana bisnis dapat menjadi panduan dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis. Selain itu, rencana bisnis bagi UKM juga penting untuk menarik investor guna mendapatkan tambahan modal usaha.

Dengan begitu perencanaan usaha ini sangat penting bukan? Simak beberapa alasannya dibawah ini :

 

Meminimalisir resiko

Dengan adanya perencanaan usaha yang baik sedari bisnis kecil, maka Anda juga bisa memprediksi resiko yang akan terjadi untuk kedepannya. Karena itu, Anda juga bisa mempersiapkan solusinya sedini mungkin.

 

Mengetahui target pasar

Setiap perencanaan usaha yang terdapat di dalamnya harus dilaksanakan dengan baik agar dapat menguasai pangsa pasar. Dengan begitu Anda bisa menargetkan diantaranya dari segi gender ataupun usia yang sekiranya cocok untuk produk yang Anda jual.

 

Mengetahui strategi marketing

Sejak di awal, Anda harus mengetahui teknik-teknik marketing. Agar bisa menguasai pasar, Anda juga harus membuat semenarik mungkin strategi yang akan Anda jalankan. Misalnya meliputi cara promosi dan media yang digunakan untuk promosi tersebut.

 

Mendapatkan laba yang menjanjikan

Jika Anda memiliki strategi marketing yang baik, serta target pasar yang lebih luas akan dengan mudah untuk mencapai target penjualan. Dengan demikian, akan sangat dengan mudah untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan Anda sebagai pelaku bisnis.

Itulah beberapa alasan mengapa perencanaan usaha itu sangat penting, dengan begitu Anda yang ingin memulai suatu bisnis bisa membuat beberapa perencanaan usaha sebagai berikut ini, agar mudah memetakan ketika pertama mamulai sebuah usaha.

 

Profil Usaha: Sejarah, Visi, dan Misi

Untuk hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan visi dan misi usaha Anda. Dengan berpegangan kepada visi dan misi, usaha Anda akan mempunyai tujuan serta prinsip yang berbeda dengan jenis usaha yang lain.

 

Deskripsi dan keunggulan produk

Deskripsi usaha sangat penting, karena bisa menjelaskan kepada pihak yang terkait mengenai penjelasan usaha yang akan dijalankan.

Deskripsi usaha berguna untuk memberitahukan kepada pihak terkait mengenai ide usaha yang akan dilakukan. Dengan demikian, mereka akan mengerti informasi bisnis yang akan dirilis.

 

Ketahui Peta persaingannya

Dengan mengetahui pesaing-pesaing di bidang usaha yang sama, Anda dapat belajar dan menjadikan pihak lain sebagai inspirasi guna menciptakan produk-produk yang baik.

 

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran meliputi, mempelajari kelebihan dan kekurangan produk kompetitornya.  Seperti hal nya bertempur di medan perang, yang memerlukan strategi.

Untuk memulai sebuah usaha pun memerlukan strategi marketing yang bagus. Hal tersebut berfungsi agar produk atau jasa yang dihasilkan dapat diterima di pasaran.

 

Riset Pasar

Riset pasar merupakan hal yang cukup penting untuk mengawali sebuah bisnis. Riset pasar meliputi mempelajari selera konsumen, salah satunya. Dengan demikian, produk yang akan dihasilkan dapat mudah diterima oleh pasar.

 

Estimasi biaya

Bagian ini merupakan salah satu komponen yang penting. Karena ketika memulai sebuah usaha, pasti perhitungan segala biaya yang akan dikeluarkan termasuk dari permodalan dimulai.

Perhitungan biaya tersebut sangat penting, untuk memperhitungkan laba rugi. Jangan sampai biaya yang dikeluarkan lebih besar dari hasil yang didapat. []

Advertisement
Advertisement