July 7, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Penularan Lokal Varian Omicron di Hong Kong Membuat Pihak Terkait Tingkatkan Kewaspadaan

2 min read

HONG KONG – Virus corona varian omicron saat ini tengah menghinggapi dan mengancam ke dalam wilayah Hong Kong, wilayah yang selama ini termasuk ketat memberlakukan protokol kesehatan.

Jumlah kasus positif dari penularan lokal terus mengalami pertambahan setelah ditemukan beberapa klaster seperti klaster dansa victoria park serta klaster restauran.

Klaster lokal tersebut mulai bermunculan sejak 31 Desember 2021 kemarin, yakni klaster restauran Moon Palace yang menularkan kepad 8 pasien lokal, serta klaster dansa Victoria Park yang menularkan kepada 10 orang.

Santer diberitakan media lokal, klaster-klaster tersebut dipicu oleh lolosnya seorang pramugari Cahtay Pasific berusia 28 dari karantina, yang kemudian dirinya diketahui positif terinfeksi varian omicron, sedangkan jeda antara keluar karantina dengan diketahui positif berdasarkan hasil lab, yang bersangkutan telah berinteraksi dengan keluarganya di rumah.

Keluarga pramugari termasuk PRT asing yang bekerja di rumah tersebut selama itu juga berinteraksi dengan beberapa orang diluar rumah, sedangkan keluarga pramugari tersebut belakangan diketahui juga tertular positif varian omicron.

Segala upaya terus gencar dilakukan otiritas Hong Kong, dengan melakukan tracking dan tracing, serta mengisolasi sementara tempat tempat tertentu guna memeriksa dan memastikan keberadaan paparan omicron ditemukan atau tidak ditemukan.

Tak hanya itu, penyebaran informasi berisi himbauan untuk siapa saja yang pada hari tertentu berada di tempat tertentu  yang di tempat tersebut, pasien positif omicron memiliki riwayat pernah mengunjungi, terus dilakukan, agar warga yang masuk kategori tersebut segera dan bersedia menjalani pemeriksaan.

Penutupan pintu masuk terhadap para pelaku perjalanan dari negara-negara tertentu juga telah diputuskan dan akan mulai berlaku pada 8 Januari nanti. Bahkan, penghentian penerbangan penumpang dari negara-negara tertentu juga telah diputuskan.[]

 

Advertisement
Advertisement