July 13, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Pilunya Kisah Cinta Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma Dalam Legenda Objek Wisata Coban Rondo

2 min read

MALANG – Indonesia kaya akan destinasi wisata yang indah dan menawan. Salah satu destinasi wisata yang sangat populer adalah Coban Rondo yang terletak di Malang, Jawa Timur. Coban Rondo menawarkan keindahan alam yang menakjubkan berupa air terjun yang mempesona.

Namun, Coban Rondo juga dikenal sebagai tempat yang menyimpan mitos dan legenda yang menarik untuk dijelajahi. Legenda yang paling terkenal di Coban Rondo adalah tentang kutukan dari Dewi Anjarwati yang sangat memilukan.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, Coban Rondo dulunya adalah saksi bisu dari kisah cinta tragis antara pasangan pengantin baru, Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma. Mereka berjalan-jalan dan bertemu dengan Joko Lelono yang terpesona dengan kecantikan Dewi Anjarwati.

Joko Lelono kemudian berkeinginan untuk merebut Dewi Anjarwati dari Raden Baron Kusuma. Kedua laki-laki tersebut kemudian bertarung sengit selama tiga hari, dan sayangnya keduanya tewas.

Dewi Anjarwati sangat terpukul atas kematian suaminya, dan ratapannya terdengar sangat memilukan bagi siapa saja yang mendengarnya. Dari cerita tersebut, nama Coban Rondo pun disematkan karena memiliki arti air terjun janda.

Legenda di lokasi tersebut kini dianggap memiliki kutukan. Salah satu larangan yang terkenal di Coban Rondo adalah dilarang berpacaran atau bermesraan di area air terjun tersebut.

Konon, siapa pun yang melanggar aturan ini akan segera kandas dalam hubungannya. Beberapa orang percaya hal tersebut terjadi karena kutukan Dewi Anjarwati. Dalam mitos Coban Rondo, Dewi Anjarwati tidak suka melihat kemesraan pasangan lain karena ia harus kehilangan sang suami.

Selain kutukan, tempat ini juga dipercaya dihuni oleh berbagai macam makhluk halus. Pengunjung yang melakukan hal-hal tidak sopan di area air terjun ini, maka akan terkena sial.

Ada juga mitos yang mengatakan, orang tersebut akan diikuti dan diganggu oleh makhluk halus sampai ke rumahnya. Oleh karena itu, pengunjung dilarang melakukan beberapa hal tak baik di Coban Rondo, seperti membuang sampah sembarangan, kencing, mengatakan hal-hal kotor dan berteriak.

Coban Rondo memang menyimpan banyak cerita dan legenda yang menarik untuk dijelajahi. Selain itu, Coban Rondo juga menawarkan keindahan alam yang mempesona, sehingga tidak heran jika tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Malang.[]

Advertisement
Advertisement