May 26, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Prosesi Pemakaman Ibu Negara RI Ke -6 di TMP Kalibata Berlangsung Secara Hikmat

3 min read

JAKARTA – Jenazah Ibu Negara 2004-2014 Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019), sekitar pukul 14.20 WIB.  Ani, yang meninggal dunia di Singapura, Sabtu (1/6/2019), akan dimakamkankan di Blok M 129, TMP Kalibata.

Presiden Jokowi terlihat menyambut kedatangan jenazah dan rombongan keluarga Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Jokowi menangkupkan kedua tangannya di dada dan menyalami SBY.

Sebelumnya, dilakukan prosesi persemayaman di rumah duka, Puri Cikeas, Jawa Barat.  Upacara pemakaman Ani Yudhoyono dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Menukil Kompas.com, beberapa menteri telah hadir antara lain Menteri Agama Lukman Hakim Saiffudin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono, dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri.

Para kepala daerah seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga hadir.

Sejumlah pimpinan lembaga negara juga datang ke upacara ini, seperti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kepala BIN Budi Gunawan, dan lain-lain.  ejumlah tokoh politik lain seperti Akbar Tanjung dan Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto juga sudah tiba.

Ani Yudhoyono wafat pada Sabtu (1/6/2019) pukul 11.50 di National University Hospital Singapura.  Ani tutup usia setelah menjalani perawatan intensif di Ruang ICU sejak Rabu (29/5/2019) lalu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas kepergian Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono. Jokowi mengajak masyarakat melantunkan doa.

“Dengan memohon rida Allah SWT, marilah kita lepas kepergian ibu hj Kristiani Herrawati Yudhoyono menghadap Alah SWT dengan tenang, dengan diiringi doa,” kata Jokowi saat menjadi inspektur upacara prosesi pemakaman Ani Yudhoyono di TMP Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019).

Jokowi mendoakan Ani Yudhoyono diberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Jokowi menilai Ani Yudhoyono akan tetap hidup di hati semua rakyat yang mencintainya.

“Semoga Allah SWT berkenan menerima amal ibadah almarhumah dan mengampuni segala khilaf dan salah beliau,” kata Jokowi.

“Flamboyan telah pergi, namun kita akan tetap hidup di hati kita semua, rakyat Indonesia yang mencintainya,” imbuh Jokowi.

Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), memberikan penghormatan terakhir kepada mendiang istrinya, Ani Yudhoyono. SBY hormat di depan makam Bu Ani.

Momen ini berlangsung saat upacara pemakaman Ani Yudhoyono di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019). Upacara dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai inspektur upacara.

Jokowi lebih dahulu meletakkan karangan bunga di makam Bu Ani. SBY kemudian beranjak dari tempat duduknya menuju makam.

Dia berhenti di depan makam, memberi hormat, lalu meletakkan tangan di dada sambil menunduk. SBY lalu menaruh karangan bunga di makam Ani Yudhoyono.  SBY menatap makam istri tercintanya selama beberapa saat. Setelahnya, barulah dia kembali ke kursinya.

Diluar areal upacara, masyarakat terlihat antusias ingin menyaksikan proses pemakaman Jenazah Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Masyarakat nampak menunggu proses pemakaman di area luar TMP Kalibata.

Pantauan detikcom di halaman TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019) pukul 14.50 WIB, terlihat masyarakat yang mengantre untuk masuk ke TMP. Namun Paspampres membatasi jumlah masyarakat yang ingin masuk.

Karena dibatasi, masyrakat terlihat berkumpul di halaman luar TMP Kalibata. Tidak hanya itu, masyarakat juga berkumpul hingga ke Jalan Raya Kalibata.

Lalu lintas saat ini di depan TMP Kalibata sudah ditutup. Jalanan digunakan memarkir kendaraan para pejabat yang hadir dalam proses pemakaman Ani. []

 

Advertisement
Advertisement