April 24, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Pulang Kampung Menjadi Juragan, Wamenaker Mendorong Setiap PMI yang Pulang Menjadi Pelaku UMKM

1 min read

JAKARTA – Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor mengajak para Pekerja Imigran Indonesia (PMI) berwirausaha setelah kembali ke Tanah Air. Sebab dengan skill yang dimiliki para pekerja bisa menjadi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal itu disampaikan Afriansyah Noor saat membuka seminar bertajuk

“Pulang Kampung Jadi Juragan” di Malaysia, Minggu, 10 Desember 2023.

Seminar yang diikuti puluhan pekerja migran ini menjadi salah satu kegiatan menarik setelah acara Business Matching And Entrepreneur Talk di event UMKM Merdeka Export 2023. Afriansyah berharap, seminar ini bisa menjadi bekal mereka untuk berwirausaha ketika pulang ke Tanah Air.

“Semoga bermanfaat untuk masa depan, ayo PMI janganlah ragu, berangkatnya legal pulangnya jadi juragan,” kata Afriansyah.

Dia mengatakan, nantinya pemerintah akan mengedepankan untuk memberangkatkan pekerja formal ke negeri orang, tak lagi pekerja informal. Pekerja yang dikirim juga kebanyakan berusia muda sehingga para orang tua bisa berada di rumah.

“Jadi kami mencoba untuk menaikkelaskan teman-teman pekerja migran, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. UMKM Merdeka Export bisa go global, dan pekerja migran bisa memasarkan di sana, lalu saat pulang kampung menjadi juragan,” pungkas Dedi.

Sumber SindoNews

Advertisement
Advertisement