October 26, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Pulang Kampung, Puluhan PMI Asal Lotim Langsung Jalani Karantina

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

MATARAM – Gugus tugas penanganan Covid-19 Lotim mengarantina para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Rusunawa Kayangan, Labuhan Lombok, Kecamatan Pringgabaya. Mereka yang tiba di Lombok langsung dijemput petugas dan diantarkan ke lokasi karantina.

“Saat ini ada 79 PMI. Rencana karantina lima hari,” kata juru bicara gugus tugas Covid-19 Lotim Budiman Satriawan pada Lombok Post, kemarin (22/01/2021).

Karantina tersebut guna mengantisipasi penyebaran virus korona. Apalagi saat ini terjadi lonjakan serius kasus positif Covid-19 di Lotim. Dengan angka tertinggi mencapai 21 kasus positif per hari. Karena itu, pemerintah mengambil langkah antisipatif.

Kepala Disnakertrans Lotim H. Supardi menerangkan, para PMI pulang karena kontrak sudah habis. Pemulangan dijadwalkan bertahap. Sebanyak 79 PMI yang tiba pada Kamis (21/01/2021) lalu merupakan penjemputan tahap pertama. Kata Supardi, akan ada dua kepulangan dalam satu minggu.

“Sebelum di sana, PMI melakukan swab terlebih dahulu,” terangnya.

Dari tes usap yang sudah dijalali 79 PMI, tidak ada satu pun yang terkonfirmasi positif Covid-19. Kata Supardi, PMI akan kembali di uji usap sebelum diberikan izin untuk kembali ke rumah masing-masing.

“Jadi swabnya dua kali,” kata dia.

Sekretaris gugus tugas Covid-19 Lotim HM Juaini Taofik mengatakan, PMI yang akan dipulangkan karena habis kontrak mencapai 700 sampai 800 orang.

“Proses penjemputan dan karantina ini akan terus berjalan selama dua bulan ke depan,” kata Taofik. []

Advertisement
Advertisement