December 8, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Rencananya untuk Angkutan Umum, Hong Kong Uji Coba Kendaraan Listrik Otonom (Tanpa Sopir)

1 min read
Bis otonom bertenaga listrik ujicoba di kawasan Sains Park Hong Kong (Kolase Foto HK01)

Bis otonom bertenaga listrik ujicoba di kawasan Sains Park Hong Kong (Kolase Foto HK01)

HONG KONG – Penelitian dan ujicoba akan pengembangan alat transportasi terus dilakukan di berbagai belahan bumi ini. Tak terkecuali di Hong Kong.

Kemarin, Hong Kong Science and Technology Parks Corporation (HKSTP) untuk kesekian kalinya kembali melakukan uji coba sebuah pengembangan teknologi transportasi berbasis otonom alias tidak dikemudikan tenaga manusia secara langsung.

Kendaraan bertenaga listrik berbentuk minibus yang pada bulan Mei 2022 kemarin pernah di uji coba jalan, kemarin kembali dilakukan hal serupa dengan durasi waktu yang lebih lama.

Bertempat di area Hong Kong Science and Technology Parks Corporation (HKSTP) di daerah Pak Shek Kok  Hong Kong, mobil otonom bertenaga listrik tersebut terlihat berjalan mengitari kawasan tersebut dengan berbagai manuver.

Mobil otonom ini merupakan prototipe moda transportasi umum di tahun tahun mendatang di Hong Kong.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan oleh Hong Kong Science and Technology Parks Corporation (HKSTP),  Saat ini, mobil tersebut dikendalikan dengan teknologi nirkabel dari sistem komputasi yang terkoneksi dengan konektivitas 5G.

Kendaraan yang sedang diujicoba jalan ini memiliki daya tampung 8 penumpang.

Rencananya, selama beberapa hari kedepan, kendaraan tersebut setiap hari akan berjalan-jalan di area Sains Park menempuh rute sepanjang avenue Timur hingga barat.[]

 

Advertisement
Advertisement