April 22, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Saola Kian Mendekat, Hong Kong Bersiap dengan T8

1 min read

HONG KONG – Persis pada pukul 15:40 sore hari ini (31/08/2023), jarak kepala pusaran topan Saola yang kian mendekat, serta kekuatan hempasannya membuat Hong Kong Observatory mengaktifkan signal peringatan topan 3 atau T3.

Pantauan ApakabarOnline dari tampilan citra satelit Windy.com menampakan, posisi pusaran kepala topan Saola saat ini berada di 21.4 Lintang Utara dan 117.6 Bujur Timur arah Timur Laut Hong Kong.

Kecepatan putar pusaran topan Saola terpantau pada kecepatan 205 km/jam. Sebuah gerakan yang sangat cepat dan membawa super badai.

Malam ini, pusaran kepala topan Saola diperkirakan akan mulai memasuki wilayah Hong kong jelang tengah malam nanti.

Hong Kong Observatory mengeluarkan pernyataan, besar peluangnya akan memasang signal peringatan topan 8 mulai tengah malam nanti.

Dibawah langit yang mendung serta hujan yang turun di beberapa titik, suhu udaha di Hong Kong saat ini berada pada posisi 30 derajat celcius dengan index UV yang cukup rendah yakni 0,1.

Hong Kong Observatory memprediksi, pergerakan Saola yang menyisiri wilayah Hong Kong akan berpotensi membawa dampak yang sama dengan dampak topan Mangkhut pada musim panas tahun 2018 silam.

Kepada seluruh warga dihimbau untuk tidak beraktifitas di bibir pantai, menghindari beraktifitas di luar ruangan, mewaspadai potensi objek jatuh dari ketinggian, serta dihimbau untuk selalu memantau update cuaca. []

Advertisement
Advertisement