Sebarkan Foto PRT Bunuh Diri, Seorang Pilot Singapore Airlines Dipecat dan Didenda 3000 Dolar

Prime Banner

ApakabarOnline.com – Entah apa yang terlintas di benak Fazli, seorang Pilot maskapai Singapore Airlines yang pada tahun 2017 silam membagikan foto-foto berikut dokumen seorang PRT asing yang bunuh diri di Singapura dengan cara gantung diri.

Foto itu didapat dari kekasihnya yang berprofesi sebagai tenaga medis.

Fazli Hisham Mohd Fairuz Shah, 29, dinyatakan bersalah pekan kemarin atas dua pelanggaran Undang-Undang Official Secrets Act atau OSA. Dakwaan terkait dengan sebuah foto sosok jasad ART dan foto kedua yang memperlihatkan sejumlah dokumen.

Dilansir dari Channel News Asia, Senin 2 September 2019, pengacara Fazli sempat meminta agar kliennya tidak didenda lebih dari 1.000 dolar Singapura (Rp10 juta) per dakwaan. Ia berpendapat kliennya telah menerima hukuman berat, yakni dipecat dari pekerjaannya.

Nilai denda Fazli sama dengan yang dikenakan kepada pacarnya, Nurizzah Afiqah Hussain, yang telah divonis Agustus tahun lalu.

Nurizzah bekerja untuk operator ambulans swasta Unistrong Technology, yang melakukan pekerjaan alih daya dari Pasukan Pertahanan Sipil Singapura.

Foto bermasalah itu diambil oleh Nurizzah dengan menggunakan telepon genggam di dalam sebuah ambulans. Ia kemudian mengirimkan foto itu ke Fazli, yang kemudian dibagikan kembali ke sebuah grup WhatsApp.

Usai dibagikan, foto itu mulai beredar luas di media sosial Singapura. Agen dari ART yang berada dalam foto itu mengetahuinya, dan melapor ke polisi. ART dalam foto itu dikabarkan meninggal akibat bunuh diri.

Selain Fazli dan Nurizzah, sopir ambulans yang mengangkut jasad ART itu juga didenda 1.500 dolar (Rp15 juta) Singapura pada September tahun lalu. []

You may also like...