June 19, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sederet Buah yang Bisa Jaga Kesehatan Kulit Wajah

2 min read

JAKARTA – Salah satu bagian tubuh yang paling banyak diperhatikan kebersihan dan kesehatannya adalah kulit wajah.

Pada umumnya, dikutip alodokter.com, setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda dan bisa berubah seiring pertambahan usia.

Selain itu, jenis kulit wajah juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain, seperti faktor genetik, penyakit tertentu, dan faktor lingkungan, misalnya paparan sinar matahari, debu, dan polusi berkepanjangan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah, di antaranya adalah dengan mengonsumsi jenis buah tertentu.

Dilansir yoursay.id dari sehatq, berikut empat jenis buah yang baik dikonsumsi untuk kesehatan kulit wajah.

  1. Tomat

Tomat adalah buah yang bagus untuk kulit karena kaya akan vitamin dan juga pigmen alami karotenoid berupa likopen.

Kemudian dalam buah tomat juga terdapat vitamin C yang terbukti mengandung antioksidan dan baik untuk kesehatan kulit dengan membantu produksi kolagen.

Selain itu, likopen juga disebut dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan juga bisa mencegah kerutan.

Kamu juga bisa membantu tubuh dengan optimal dalam menyerap karotenoid, seperti likopen, dengan mengonsumsi sedikit sumber lemak sehat lain bersamaan dengan tomat seperti minyak zaitun.

 

  1. Pepaya

Buah pepaya ternyata adalah salah satu buah yang baik untuk kesehatan kulit karena di dalamnya terdapat kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat meningkatkan elastisitas kulit.

Kemudian manfaat buah pepaya bagi kulit adalah dapat mengurangi garis halus dan kerutan yang menjadi tanda-tanda penuaan dini.

Apalagi buah pepaya ini juga mengandung enzim papain yang mana enzim ini kerap ditambahkan dalam produk eksfoliasi kulit yang berfungsi sebagai antiradang dan antipenuaan.

 

  1. Jambu biji

Buah jambu biji ini apabila dikonsumsi bagus untuk kesehatan kulit wajah. Kemudian buah jambu biji ini apabila dikonsumsi bersama dengan buah tropis yang lainnya seperti mangga, kiwi, dan nanas yang mengandung vitamin C.

Seperti yang kita ketahui, dengan mengonsumsi vitamin C ini dapat memproduksi kolagen dan juga terdapat kandungan zinc.

 

  1. Jeruk

Buah jeruk yang memang identik mempunyai kandungan vitamin C ini baik dalam memproduksi kolagen pada kulit sehat. Tidak hanya buah jeruk, buah sitrus lain pun penting untuk kesehatan kulit yang mudah dicari, seperti lemon dan jeruk bali.  []

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply