November 25, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sembelit, Mengejan Terlalu Kuat Saat Beol, Perempuan Bermarga Xuo Tiba-Tiba Alami Amnesia

2 min read
Prime Banner

HONG KONG – Urusan buang air besar (BAB) atau beol memang tidak bisa begitu saja disepelekan. Jika terlalu menyepelekan urusan buang air besar (BAB), berbagai masalah kesehatan akan muncul satu per satu. Makin rumit urusannya bila masalah kesehatan yang muncul adalah sembelit.

Bukan apa-apa, sembelit memang kerap kali membuat banyak orang kewalahan. Sudah membuat tubuh terasa tidak nyaman karena menyimpan sampah berhari-hari, urusan di toiletnya pun ribet. Butuh waktu untuk mengejan atau ‘ngeden’ untuk mengatasi sembelit yang terjadi.

Namun apa jadinya bila mengejan atau ‘ngeden’ yang biasa terjadi saat sembelit malah menimbulkan masalah baru seperti, amnesia?

Ya, saat sulit buang air besar, biasanya kita akan mengejan atau ‘ngeden’ untuk mengatasi sembelit. Namun hati-hati karena ngeden berlebihan dan terlalu keras bisa berbahaya bagi kesehatan sarafmu.

Seperti kisah wanita bermarga Xuo berusia 46 tahun asal China yang mendadak amnesia dan kehilangan 10 tahun memori hidupnya karena ngeden terlalu keras saat buang air besar.

Dikutip dari World of Buzz, sang wanita diketahui tiba-tiba amnesia atau hilang ingatan setelah buang air besar. Penyebabnya-pun diketahui gara-gara ngeden yang terlalu keras.

Dilansir dari China Times, kejadian ini terjadi di negeri Tiongkok pada bulan Mei 2019 lalu. Sang anak kemudian menceritakan kronologi bagaimana ibunya bisa kehilangan ingatannya hanya gara-gara ngeden terlalu keras.

Awalnya sang ibu diketahui merasakan sembelit dua minggu sebelumnya. Hal tersebut membuat sang ibu tidak nyaman dan sulit untuk beraktifitas. Kemudian sang ibu mencoba ke kamar mandi untuk buang air besar.

Menurut keterangan anaknya, sang ibu cukup lama berada di kamar mandi. Ketika sudah keluar dari kamar mandi, tiba-tiba sang ibu mengalami amnesia. Keluarganya kemudian menyadari kalau sang ibu kehilangan memori 10 tahun kebelakang.

Sang ibu diketahui kembali mendapatkan ingatannya setelah delapan jam mengalami amnesia. Karena khawatir, pihak keluarga kemudian membawa sang ibu ke dokter untuk diperiksa saraf otaknya.

Anehnya setelah diperiksa, ternyata otak sang ibu berfungsi normal sebagaimana semestinya. Namun sang ibu masih tak bisa mengingat kalau dirinya pernah mengalami amnesia temporer.

Seorang dokter ahli syaraf kemudian menjelaskan kalau amnesia yang dialami sang ibu berhubungan dengan sembelitnya. Dokter syaraf menyebutkan kalau sang ibu diduga ngeden terlalu keras sehingga tidak ada oksigen yang mengalir ke otak saat itu.

Hal inilah yang menyebabkan sang ibu mengalami hilang ingatan tiba-tiba. Sang dokter juga menyebutkan, mereka yang emosional dan sering bekerja mengangkat beban berat lebih rawan terkena amnesia seperti ini.

Dokter menyarankan agar orang-orang dengan aktifitas lebih sering memeriksakan diri ke dokter. Tentu saja jangan lupa untuk rutin makan buah dan sayur agar terhindar dari sembelit yang menyiksa dan membahayakan.[]

Advertisement