October 26, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sering Membawa Virus Corona Varian Baru, Penerbangan dari Filipina dan India ke Hong Kong Direkomendasikan Segera Ditutup

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

HONG KONG – Pertambahan kasus baru dari jalur impor yang membawa varian virus corona baru akhir-akhir ini semakin marak dan hampir terjadi setiap hari.

Bukan tidak mungkin, jika tidak diantisipasi, varian virus baru tersebut akan juga mewabah di wilayah Hong Kong, sedangkan varian visur baru diketahui memiliki daya tular yang lebih cepat.

Pakar penyakit menular Hong Kong, He Boliang dalam keterangan yang disampaikan di siaran radio kemarin (07/04/2021) menyatakan, pelarangan terbang dari beberapa negara sumber virus ke Hong Kong merupakan salah satu cara untuk memutus masuknya varian virus tersebut.

“Pelarangan penerbangan dari negara beresiko membawa varian baru virus corona (Pakistan, India, Filipina) harus menjadi kebijakan yang diprioritaskan pemerintah” jelas He.

Disamping itu, menanggapi rencana memperpendek masa karantina bagi yang baru datang dari luar negeri, He mengaku tidak setuju. Pasalnya, meskipun telah divaksin sekalipun, efektifitas vaksin mencegah penularan belum teruji.

Sebelumnya beberapa sumber mengemukakan agar PRT asing asal Filipina yang mau masuk ke Hong Kong sudah harus mendapat vaksinasi di negaranya. []

Advertisement
Advertisement